parenting

Latih Kemandirian, Ruben Onsu & Istri Biarkan Anak Cuci Piring

Ratih Wulan Pinandu Selasa, 14 May 2019 12:30 WIB
Latih Kemandirian, Ruben Onsu & Istri Biarkan Anak Cuci Piring
Jakarta - Ruben Onsu dan Sarwendah sudah menanamkan nilai kemandirian pada anak sulung mereka, Thalia Putri Onsu sejak kecil. Hal itu terlihat dari video yang dibagikan Ruben di Instagram miliknya.

Jelang kelahiran anak kedua, sang istri Sarwendah bersama Thalia bertolak ke Singapura untuk persiapan persalinan. Namun, karena jadwal dipercepat akhirnya tak semua rombongan berangkat bareng, Bun.


Mau tak mau, akhirnya Thalia dibiarkan mencuci piringnya sendiri. Bocah yang genap berusia 4 tahun pada Juni mendatang itu, nampak memanjat kursi untuk menyalakan kran air dan meraih spon cuci piring.


Meski mengaku sempat enggak tega melihat anaknya mencuci piring, akhirnya Ruben sepakat dengan pendapat Sarwendah untuk membiarkannya. Menurut Sarwendah, tidak masalah membiarkan Thalia mencuci piring sejak kecil.

Hal itu bagus untuk melatih tanggung jawab dan membiasakannya agar enggak gengsi turun ke dapur. Wah, menarik ditiru ya pola asuh Ruben dan Sarwendah. Mengajari anak untuk mandiri memang sebaiknya dibiasakan sejak kecil. Hal itu bagus untuk membentuk kemandirian dan ketrampilan dasar yang berguna untuk masa depannya.

[Gambas:Instagram]

Untuk melatih anak mandiri, psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani menyarankan orang tua agar memberi anak kesempatan untuk mencoba hal-hal baru. Biasakan mereka untuk menyelesaikan pekerjaan yang berkaitan dengan kebutuhannya sendiri. Misalnya memakai baju atau sepatu sendiri.

Setelah itu berikan pujian, Bun, agar anak merasa dihargai setelah melakukan tugasnya. Rewards juga bisa diberikan berupa pelukan. Jangan lupa, Bunda juga harus memasang ekspresi menyenangkan dan berterima kasih atas bantuan mereka.

"Jangan mukanya lempeng aja. Anak bilang dia udah bisa pakai sepatu sendiri. Terus, wajah kita datar, ngomongnya pun datar. Kalau kayak gitu, anak nggak akan merasa diapresiasi," ungkapnya.

Latih Kemandirian, Ruben Onsu & Istri Biarkan Anak Cuci PiringRuben Onsu dan keluarganya/ Foto: Instagram

Selain itu, untuk melatih anak jadi lebih mandiri dibutuhkan bimbingan dan dukungan dari orang tuanya. Hingga sang anak tidak lagi bergantung pada orang tua untuk melakukan semuanya sendiri dalam semua aspek kehidupan. Melansir Psychology Today, melatih kemandirian pada anak merupakan proses mempersipkan anak-anak untuk menuju kedewasaan. 


Anak yang mandiri akan yakin bahwa mereka mampu menjaga dirinya sendiri. Orang tua hanya perlu memberikan panduan pada mereka untuk menemukan kegiatan yang bermanfaat dan memuaskan.

Kalau Bunda ingin melatih kemandirian si kecil, simak yuk beberapa tips dalam video di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi