parenting

Tips Ajari Anak Packing Baju Sendiri untuk Mudik

Maya Sofia Sabtu, 25 May 2019 07:02 WIB
Tips Ajari Anak Packing Baju Sendiri untuk Mudik
Jakarta - Membawa anak saat dalam perjalanan mudik menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Nah agar anak tidak cranky, usahakan mereka tetap nyaman selama perjalanan ya, Bunda.

Melansir dari detikcom, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyarankan agar orang tua menyiapkan mainan secukupnya saat mudik. Namun patut diingat jangan membiarkan anak bermain gadget secara berlebihan.


Orang tua juga bisa memberikan edukasi kepada anak saat dalam perjalanan. Misalnya menceritakan keunggulan, sejarah daerah-daerah yang dilalui saat mudik.


Nah, yang tak kalah penting perhatikan juga kondisi kesehatan anak ya, Bunda. Meski mudik dan ikut berpuasa, ada baiknya anak tetap mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat.

Bagi Bunda dan keluarga yang sebentar lagi sudah berangkat mudik bisa juga lho melibatkan anak untuk ikut packing pakaian mereka sendiri. Berikut HaiBunda rangkum tips mengajari anak packing seperti dikutip dari berbagai sumber. 

1. Buat daftar pakaian yang harus dibawa

Beri tahu anak, daerah tujuan Bunda dan keluarga akan mudik. Kemudian buat daftar kegiatan apa saja yang akan dilakukan di sana. Libatkan anak dengan meminta mereka menuliskan apa saja pakaian dan barang yang dibutuhkan selama mudik.

2. Ajari cara melipat pakaian agar efisien

Melipat pakaian dengan tepat akan memudahkan anak menatanya ke dalam tas. Ajarkan anak bahwa pakaian seperti kaus bisa digulung sehingga lebih menghemat tempat. Sementara kaus kaki, ikat pinggang, bisa diselipkan di sela-sela tas.


3. Batasi barang bawaan

Meski diberi kebebasan packing sendiri, bukan berarti anak leluasa memasukkan banyak mainan ke tas ya, Bunda. He-he-he. Minta anak memilih salah satu mainan saja. Ada baiknya mainan yang dibawa tidak berukuran besar dan tidak memerlukan charger atau baterai. Ingatkan kembali kepada anak bahwa yang akan membawa tas adalah mereka sendiri.

[Gambas:Video 20detik]




(som/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi