parenting

Mengenal Teknologi Needle-Free Injection, Anestesi Sunat Tanpa Jarum

Annisa Karnesyia Rabu, 19 Jun 2019 07:00 WIB
Mengenal Teknologi Needle-Free Injection, Anestesi Sunat Tanpa Jarum
Jakarta - Si kecil belum disunat, Bun? Saat ini banyak metode sunat yang bisa dijadikan pilihan.

Tapi, dari semua metode sunat, lazimnya melalui dulu tahap anestesi dengan jarum suntik. Tujuannya mengurangi nyeri saat dilakukan tindakan.




Karena alat kelamin pria banyak terdapat saraf yang sensitif, anestesi harus dilakukan dengan benar. Dalam aplikasinya, suntikan anestesi bisa dilakukan sampai 5 kali lho.

Penggunaan jarum suntik dalam anestesi, menurut CEO PT Rumah Sunat, dr.Mahdian Nur Nasution, SpBS, dapat meninggalkan trauma pada anak-anak. Ditakutkan, trauma ini akan berlanjut sampai dewasa.

"Dampak buruk anestesi dengan jarum suntik adalah trauma. Nanti masa pertumbuhannya kalau dia mau ada tindakan dengan jarum suntik, takutnya trauma," kata Mahdian dalam acara 'Diskusi Media Revolusi Sunat Tanpa Jarum Suntik' di Rumah Makan Handayani, Matraman, Jakarta Timur, baru-baru ini.

Nah, dengan kemajuan teknologi saat ini, anestesi jarum suntik enggak diperlukan lagi, Bun. Teknologi baru anestesi ini disebut teknologi needle-free injection.

Teknologi Needle-Free Injection, Anastesi Sunat Tanpa JarumTeknologi Needle-Free Injection, Anastesi Sunat Tanpa Jarum/ Foto: iStock

"Penggunaan teknologi ini berguna untuk membuat anak tidak takut dan juga bisa menghindari reaksi kulit setelah penyuntikan, seperti menimbulkan rasa nyeri, kulit menjadi biru, atau bengkak," ujar Mahdian.

Alat ini mendorong obat bius dengan tekanan udara yang bisa menembus kulit. Efek obat bius sama dengan jarum suntik, bedanya hanya sekali pakai, efek obat langsung menyebar.

Selain menghindari reaksi kulit atau cedera akibat jarum, penggunaannya juga mengurangi biaya medis untuk pembelian jarum sekali pakai. Penggunaan teknologi ini terbukti ampuh mengurangi nyeri saat anestesi suntik sunat.

Gimana bun? Tertarik mencoba teknologi needle-free injection untuk anestesi proses sunat si kecil?

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi