parenting

Ulang Tahun Ke-6, Pangeran George Pamerkan Gigi Ompong

Asri Ediyati Senin, 22 Jul 2019 09:43 WIB
Ulang Tahun Ke-6, Pangeran George Pamerkan Gigi Ompong
Jakarta - Pangeran George genap berusia enam tahun pada hari ini, Selasa (22/7/2019). Seperti tradisi tahun sebelumnya, pihak Istana Kensington mengunggah tiga foto resmi Pangeran George. Anak sulung Pangeran William dan Kate Middleton terlihat tumbuh makin besar di potret terbarunya.

"Selamat Ulang Tahun Pangeran George! Duke dan Duchess of Cambridge sangat senang berbagi foto-foto baru Pangeran George untuk menandai ulang tahun keenam Yang Mulia. Foto ini diambil baru-baru ini di taman rumah mereka di Istana Kensington oleh The Duchess of Cambridge. Terima kasih semuanya atas semua pesan indah kalian!" tulis pihak Istana Kensington di akun Instagram-nya @kensingtonroyal.




Di foto ketiga, Pangeran George tersenyum lepas sembari pamerkan gigi ompong. Sementara itu untuk perayaan ulang tahunnya kali ini begitu spesial. Pangeran George dikabarkan akan merayakan di Kepulauan Karibia. Wah, pasti asyik banget ya, Bun.

[Gambas:Instagram]



Bicara soal gigi susu yang tanggal seperti dialami Pangeran George, kapan sih sebenarnya gigi ini akan mulai tanggal? Menurut dokter gigi sekaligus founder dari Vatsalya Dental, India, Dr Srivats Bharadwaj, gigi susu umumnya akan mulai tanggal untuk kali pertama saat anak berusia enam tahun. Biasanya akan dimulai pada gigi seri bagian bawah.

"Berikutnya akan ikut tanggal secara berurutan dan berkala sampai anak berusia kira-kira 12 tahun," ungkap Bharadwaj,dikutip dari Times of India.

Gigi susu ternyata perlu dijaga supaya tidak tanggal atau rusak sebelum waktunya. Menurut drg Ratu Mirah Afifah, GCClintDent., MDSc., hal ini karena gigi susu punya peran penting untuk mempertahankan ruang tumbuh rahang. Ketika kemudian gigi susu tanggal sementara gigi tetap belum akan tumbuh, maka perkembangan rahang anak bisa terganggu.

[Gambas:Instagram]



"Misalnya gigi susu biasanya tanggal saat anak berusia 6 tahun, tapi ini umur 2 tahun sudah tanggal duluan, nanti si gigi tetapnya tumbuh tidak punya arah atau guidance, ruang rahangnya juga jadi tidak berkembang sempurna. Jadi memang gigi susu harus dipertahankan jangan sampai tanggal duluan atau rusak," kata Mirah dilansir detikcom.

Mirah menyebutkan, gigi susu yang tanggal sebelum waktunya sangat berisiko menyebabkan gigi tetap jadi tumbuh berantakan dan tak rapi. Dibandingkan gigi tetap, gigi susu memang lebih mudah rusak dan patah karena lapisan enamelnya yang lebih tipis.



"Jumlah gigi susu adalah 20, sementara gigi tetap 32, oleh sebab itu gigi susu dan rahang benar-benar harus dijaga supaya ruang tumbuh untuk gigi tetap bisa maksimal dan teratur," ujarnya.

Simak juga, Bun, gaya lucu Pangeran George dan adiknya Putri Charlotte dalam video ini.

[Gambas:Video 20detik]

 
(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi