parenting

6 Manfaat Olahraga Panahan bagi Tumbuh Kembang Anak

Muhayati Faridatun Minggu, 25 Aug 2019 13:10 WIB
6 Manfaat Olahraga Panahan bagi Tumbuh Kembang Anak
Jakarta - Olahraga panahan kini makin populer sebagai kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) sekolah di Indonesia. Salah satunya di Sekolah Dasar (SD) anak pertama Bubun nih.

Dari sekian banyak ekskul yang ada di sekolah, Bubun pilihkan olahraga panahan. Alasannya, si gadis cilik sulit berkonsentrasi jika sedang mengerjakan sesuatu seperti makan, menulis di kelas, atau mengerjakan PR di rumah.

Beruntung, saat ditawari ikut ekskul panahan, si kecil sangat antusias. Ia juga sangat tidak sabar menunggu hari latihan tiba. "Yeay, besok ekskul panahan!" ucapnya riang.


Seperti dikatakan artis Angel Karamoy, saat mengunjungi salah satu taman wisata di Sawangan, Depok, olahraga panahan memang bisa membuat anak lebih fokus dan meningkatkan konsentrasi.

"Olahraga panahan bisa melatih dan meningkatkan konsentrasi anak, jadi lebih fokus, dan melatih keberanian anak," katanya, dalam program Ibu Pintar Trans TV, sambil mengamati anak-anak yang mencoba olahraga panahan di taman wisata tersebut.

Artis cantik Mikaila Patritz, yang juga menjadi host acara tersebut, kemudian bertanya pada petugas pemandu anak-anak yang mencoba memanah. "Umur berapa anak-anak bisa mulai mencoba panahan?" tanya bunda satu anak ini.

"Untuk pemula atau anak-anak mulai umur enam tahun," jawab petugas tersebut.

6 Manfaat Olahraga Panahan bagi Tumbuh Kembang AnakEkskul olahraga panahan/ Foto: Muhayati Faridatun/HaiBunda
Ditegaskan juga, orang tua harus mendampingi anak saat mencoba panahan. Lantas, apa saja manfaat olahraga panahan bagi tumbuh kembang anak? Berikut dikutip dari Archery360:

1. Peraturan yang diterapkan di luar kelas, seperti saat berlatih memanah, bisa membentuk sikap lebih baik saat anak di dalam kelas.

2. Anak akan belajar kerja sama dalam tim, sikap sportif, dan menghormati terutama hormat pada aturan.

3. Saat membidik dan melepas anak panah, anak dituntut fokus pada target. Dengan berlatih rutin, perlahan anak akan makin fokus dan disiplin.

4. Olahraga panahan bisa meningkatkan kesehatan fisik anak, terutama bagian otot inti, dada, punggung, dan bahu. Jika dilakukan di luar ruangan, vitamin D dari pancaran sinar matahari juga baik bagi kesehatan tulang anak.

5. Menarik busur diyakini bisa menguatkan otot-otot inti, yang meningkatkan keseimbangan, serta koordinasi antara mata dengan tangan.

6. Rutin berolahraga panahan juga bisa membangun kepercayaan diri dan kesadaran diri anak, baik di dalam maupun luar kelas.


Bunda, simak juga ya tips untuk pemanah pemula, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi