parenting

Pendidikan Seks untuk Anak: Bunda, Apa Itu Orgasme?

Melly Febrida Kamis, 24 Oct 2019 16:03 WIB
Pendidikan Seks untuk Anak: Bunda, Apa Itu Orgasme?
Jakarta - Rasa ingin tahu anak-anak cukup tinggi. Terkadang anak menanyakan sesuatu baru yang diperolehnya entah dari membaca, menonton televisi, atau mendengar ucapan orang lain. Pertanyaan yang suka mengagetkan jika anak menanyakan istilah dalam seks. Misalnya apa itu orgasme?

Reaksi Bunda jika anak bertanya orgasme seperti apa? Pasti Bunda jadi bertanya balik dari mana anak bisa mendapat atau mendengar kata itu, kan? Sebenarnya, dalam membicarakan seks ke anak-anak, Bunda akan sangat terbantu jika peka dan merasa nyaman dalam menjawabnya.

Debra W. Haffner, M.P.H., penulis From Diaper to Dating dan CEO Sexuality Information and Education Council of the United States (SIECUS), mengatakan banyak orang tua mengaku malu ketika berbicara seks pada anak-anaknya.


"Sebagian besar dari kita tidak memiliki orang tua yang berbicara tentang seksualitas ke kita, jadi kira tidak memiliki keterampilan untuk membahasnya," jelas Haffner mengutip Parents.

Apabila orang tua merasa tidak nyaman membahasnya, Haffner bilang, beri tahu saja ke anak sejujurnya kalau orang tua tak nyaman. Namun orang tua akan membahasnya di lain waktu.

"Namun, seberapa jauh Anda harus melangkah? Memberi penjelasan terlalu sedikit dapat membingungkan anak-anak. Tapi, menjelaskan terlalu banyak dapat membuat mereka kewalahan," lanjutnya.

Untuk pertanyaan orgasme, Haffner punya cara menjawabnya, Bun. Apabila Bunda ingin memberikan jawaban singkat bisa mengatakan, 'Orgasme adalah perasaan yang menyenangkan di area genital. Pria dan wanita bisa merasakannya.'

Dan kalau mau jawaban yang maksimal, coba lanjutkan dengan, 'Ada perasaan membangkitkan dan melepaskan, seperti ketika kita bersin. Selama orgasme, seorang pria berejakulasi yang berarti sperma keluar dari penisnya.'

Kalau lidah kita yang ketimuran dan belum terbiasa, jawaban di atas pastinya berat benar terucap. Menurur terapis seks Judy Scheel Ph.D., L.C.S.W., CEDS, memang kemampuan berbicara orang tua dengan nyaman tentang seks biasanya tergantung pada bagaimana mereka belajar tentang seks dan moral serta nilai-nilai relasional dalam budaya atau agama.

Pendidikan Seks untuk Anak: Bunda, Apa Itu Orgasme?Pendidikan Seks untuk Anak: Bunda, Apa Itu Orgasme?/ Foto: iStock
"Jika tidak ada komunikasi tentang seks dalam rumah tangga, masuk akal bagi anak untuk tumbuh dengan perasaan bahwa ada sesuatu yang salah atau buruk tentang subjek tersebut," katanya mengutip Psychology Today.

Kalau Bunda mendapat pertanyaan tentang seks dari anak, Scheel berbagi panduannya ketika menanggapinya, Bun:

1. Hindari kritik, terkejut, atau mempermalukan anak, tidak peduli pertanyaan atau komentar apa pun yang ditanyakan ke orang tua
2. Jawaban orang tua tidak perlu sempurna, cukup jujur.
3. Ingat bagaimana rasanya menjadi seorang anak, jangan kehilangan empati.
4. Temukan cara untuk merasa nyaman. Berbagi dengan teman-teman yang nyaman membicarakan seks dan menanyakan bagaimana mereka menangani topik seksual dengan anak mereka.
5. Coba untuk tidak menanggapi masalah ini dengan serius.

"Jika orang tua tahu apa yang harus dikatakan pada anak, tetapi merasa tidak nyaman untuk mengatakannya, pertimbangkan bahwa mereka mungkin pertama-tama membutuhkan bantuan dalam mengatasi beberapa masalah seksualnya," kata Scheel mengingatkan.

Simak juga cara pijat bayi agar BAB-ya lancar di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi