Sign Up search


parenting

Penyebab Polio, Penyakit Tulang yang Bisa Mematikan

Yuni Ayu Amida Senin, 21 Oct 2019 20:15 WIB
Penyebab Polio, Penyakit Tulang yang Bisa Mematikan caption
Jakarta - Bunda tentu tidak asing dengan penyakit polio kan? Namun, tahukah Bunda apa penyebab orang terkena penyakit yang menyerang tulang ini? Simak penjelasan pakar berikut.

Dikutip dari situs resmi Badan Kesehatan Dunia (WHO), polio atau poliomielitis merupakan penyakit yang sangat menular yang disebabkan oleh virus. Virus polio ini menyerang sistem saraf dan dapat menyebabkan kelumpuhan total dalam hitungan jam.

Data WHO menunjukkan, 1 dari 200 infeksi menyebabkan kelumpuhan ireversibel (biasanya di kaki). Di antara mereka yang lumpuh, 5 persen hingga 10 persen meninggal saat otot-otot pernapasan mereka tidak bisa bergerak.


Polio rentan menyerang anak-anak di bawah usia 5 tahun. Gejala awalnya adalah demam, kelelahan, sakit kepala, muntah, kekakuan pada leher dan nyeri pada tungkai.

Virus polio ditularkan dari orang ke orang. Biasanya melalui feses orang yang terkena polio, yang terkontaminasi dengan lingkungan misal air dan makanan, kemudian virus tersebut masuk dalam mulut orang sehat.

Penyebab Polio, Penyakit Tulang yang Bisa MematikanFoto: iStock


Ditegaskan juga oleh Ahli Genetika Molekuler, dr.Teguh Haryo Sasongko, Ph.D, polio bukanlah penyakit keturunan. Penyakit polio disebabkan oleh infeksi poliovirus dan penularannya terjadi melalui rute fekal-oral.

"Artinya, makanan atau minuman yang terkontaminasi tinja penderita polio masuk ke mulut orang sehat," terangnya, dilansir detikcom.

Karena penyebaran virus ini melalui fekal-orang, ini menandakan bahwa virus polio lebih sering menjangkit masyarakat yang tinggal di lingkungan tercemar.

Di samping itu, meski sebagian besar pasien yang terjangkit polio bisa pulih. Namun, pada kasus yang parah, serta tidak dapat penanganan yang tepat, polio bisa menyebabkan cacat seumur hidup sampai kematian.

Tonton kisah sedih perempuan pengidap polio.

[Gambas:Video 20detik]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi