sign up SIGN UP search


parenting

Reaksi Tepat Orang Tua Saat Kepergok Anak Mandi Berdua

Melly Febrida Rabu, 23 Oct 2019 16:25 WIB
Untuk menjalin keromantisan, kadang ibu dan ayah mandi berdua. Tapi, bisa bikin panik ketika tiba-tiba anak memergoki ayah dan ibunya. caption
Jakarta - Sebagai foreplay atau sekadar menjalin kemesraan, kadang pasangan suami istri memanfaatkan momen mandi. Ya, mandi bersama, Bun. Tapi, ketika dipergoki oleh anak ayah dan bunda mandi berdua, bisa-bisa momen romantis justru jadi momen bikin panik. Lantas, apa respons tepatnya?

Edukator kesehatan dan founder Birds+Bees+Kids, Amy Lang, mengatakan orang tua tak perlu langsung panik. Pastikan dulu gimana reaksi anak. Ada anak yang langsung pergi setelah melihat peristiwa ini.

"Kalau begini, di lain kesempatan orang tua bisa mengajak anak ngobrol tentang apa yang dilihatnya. Kemudian, ajak dia diskusi jika sudah usia sekolah. Bila anak masih balita, jawaban yang bisa diberi adalah mandi berdua adalah cara untuk menunjukkan kasih sayang," kata Lang mengutip Today.


Bunda juga bisa menyampaikan, sama seperti ketika anak masih dimandikan Bunda dan Ayah, itu adalah salah satu wujud kasih sayang. Reaksi kedua yang bisa ditunjukkan anak, terutama balita adalah penasaran dengan bagian tubuh ibu dan ayahnya.

Jika anak bertanya itu apa, minta waktu pada mereka untuk berpakaian kemudian besi penjelasan ke anak bahwa itu adalah area genital yang sifatnya pribadi. Dengan begini, Bunda juga sembari memberi pendidikan seksual untuk anak kan?

"Maka dari itu, lebih baik waspada dan lihat situasi jika orang tua ingin mandi berdua. Misalnya saat anak sedang tidur atau mereka sedang tak di rumah, ini bisa jadi waktu yang aman," papar Lang.

Hubungan seks memang bukan satu-satunya penentu kebahagiaan pasangan suami istri (pasutri). Tapi, penting bagi pasutri untuk mendapatkan hubungan yang berkualitas. Terkadang pasutri secara spontan ingin mandi bersama sampai lupa mengunci pintu.

Seperti yang disampaikan dr.Andri, Sp.KJ dari Psychosomatic Clinic, Omni Hospital Alam Sutera, kalau beberapa pasangan ada yang lebih nyaman dengan seks spontan. Untuk suami istri yang beda jam kerja, sebaiknya memang dibicarakan kapan waktu yang pas untuk bercinta.

Reaksi Tepat Orang Tua Saat Kepergok Anak Mandi BerduaReaksi Tepat Orang Tua Saat Kepergok Anak Mandi Berdua/ Foto: iStock
"Karena beda jam kerja sebenarnya bukan alasan untuk meniadakan sesi bercinta. Suami istri yang bersangkutan tentu lebih tahu bagaimana mengatur waktunya," kata Andri dilansir detikcom.

Mau tahu gimana penampilan istri Nadiem Makarim saat pelantikan menteri kabinet Indonesia Maju? Cek di sini, Bun.

Bunda bisa simak penjelasan soal ecoterapi untuk anak di video ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!