parenting

Cegah Kecanduan Gadget, Anak Sekolah di Bandung Disuruh Pelihara Ayam

Siti Hafadzoh Senin, 28 Oct 2019 11:42 WIB
Cegah Kecanduan Gadget, Anak Sekolah di Bandung Disuruh Pelihara Ayam
Jakarta - Wali Kota Bandung, Oded M Danial berencana memberikan anak ayam kepada anak-anak di Bandung. Ini merupakan solusi yang ia tawarkan untuk megatasi kecanduan gadget pada anak.

"Saya ke depan punya program untuk anak-anak sekolah SD dan SMP agar mereka tidak fokus ke gadget, saya akan beri mereka untuk pelihara anak ayam kampung agar anak-anak memiliki kegiatan," ujar Oded kepada detikcom.

Oded mengatakan, memberikan anak ayam dapat jadi pilihan agar anak-anak tidak kecanduan bermain gadget. Nantinya, anak ayam akan dibagikan ke siswa SD dan SMP, kemudian mereka pelihara di rumah, Bun.


Tentu program ini menuai kontroversi. Meski begitu, Oded tetap serius menjalankan prgram membagikan anak ayam untuk siswa-siswi di Bandung pada November mendatang.

Oded mengatakan, pemberian anak ayam difokuskan untuk anak laki-laki. Sedangkan, anak perempuan akan diberikan bibit tanaman, seperti cabai, tomat, dan tanaman yang menghasilkan lainnya.

Cegah Kecanduan Gadget, Anak Sekolah di Bandung Disuruh Pelihara AyamIlustrasi anak menggunakan gadget/ Foto: istock

Memberikan anak ayam kepada siswa tidak hanya mencegah anak kecanduan gadget. Tapi, menurut Oded, melalui program ini anak akan belajar berbagai hal.

"Agar mereka juga tumbuh dalam diri mereka jiwa entrepreuner, menyayangi binatang, tanggung jawab," katanya.

Dilansir American Academy of Child & Adolescent Psychiatry, memelihara hewan memang dapat memberikan manfaat pada anak. Anak yang belajar untuk memelihara hewan dan merawatnya dengan baik serta sabar dapat mendapatkan pelatihan yang tak ternilai. Ini juga akan mereka terapkan nantinya kepada manusia.

Melihat banyaknya manfaat memelihara hewan, apakah Bunda setuju dengan program bagi-bagi anak ayam ini?

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi