parenting

5 Manfaat Matikan TV Seharian, Bunda Perlu Simak

Muhayati Faridatun Minggu, 20 Oct 2019 19:00 WIB
5 Manfaat Matikan TV Seharian, Bunda Perlu Simak
Jakarta - Bunda resah karena si kecil sangat gemar menonton televisi? Baiknya, Bunda simak deretan manfaat mematikan televisi seharian, terutama bagi kesehatan.

Jadi ingat dua adik sepupu Bubun yang dulu tinggal di Tangerang. Sewaktu masih sekolah, mereka enggak pernah nonton televisi di rumah karena memang tidak punya.

Bukan tidak mampu membeli, tapi ayah mereka menganggap televisi lebih banyak mendatangkan kerugian ketimbang manfaat. Meski begitu, kedua adik sepupu Bubun tetap boleh menonton televisi di rumah tetangga.


Mengutip detikcom, Kepala Desa Sidomukti, Magetan, Tikno sudah memberlakukan aturan soal televisi sejak 2003 silam. Peraturan Desa (Perdes) itu berisi tentang wajib belajar dan jam wajib mati televisi (Wajarwamati). Televisi dimatikan mulai pukul 18.30 - 20.30 WIB setiap harinya.

"Peraturan itu sudah ada sejak 2003. Aturan ini ternyata bisa meningkatkan mutu SDM warga kami dan memang terbukti, anak-anak di sini pandai-pandai selalu juara di kelas," ungkap Tikno.

5 Manfaat Matikan TV Seharian, Bunda Perlu SimakIlustrasi menonton televisi/ Foto: thinkstock
Nah, tahukah Bunda, banyak manfaat yang kita dapat jika mengurangi frekuensi menonton televisi, apalagi mematikan televisi seharian. Berikut deretan manfaatnya, dikutip dari Everyday Power:

1. Tubuh lebih sehat dan fit

Daripada menonton televisi sepulang kerja, Ayah dan Bunda lebih baik istirahat, atau memanfaatkan waktu sebelum tidur bersama anak-anak. Begitu juga dengan anak-anak, pulang sekolah baiknya tidur siang.

2. Konsumsi kalori lebih rendah

Percayalah, menghabiskan waktu di depan layar televisi memicu kita mengonsumsi camilan, yang biasanya tinggi kalori.

3. Hemat pengeluaran

Sudah tentu, dengan mematikan televisi seharian akan lebih hemat listrik. Sehingga, pengeluaran bulanan pun akan berkurang.

4. Banyak waktu membaca

Waktu yang biasa dihabiskan di depan layar televisi bisa digunakan aktivitas lain yang lebih berguna. Misal saja membaca atau mencoba menu masakan baru di dapur Bunda.

5. Waktu tidur cukup

Dengan mengutamakan tidur, kita tentu tidak akan begadang hanya untuk menyaksikan tayangan televisi favorit. Seperti siaran langsung pertandingan sepak bola, ataupun live streaming drama Korea.


Bunda, simak juga cara Nirina Zubir melatih anak bangun pagi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi