Sign Up search


parenting

5 Trik Mengganti Popok agar Bayi Tidak Rewel

Melly Febrida Rabu, 11 Mar 2020 18:49 WIB
5 Trik Mengganti Popok agar Bayi Tidak Rewel caption
Jakarta - Ganti popok bayi mungkin terlihatĀ mudah ya, Bunda. Tapi saat dijalani butuh perjuangan kalau bayinya tidak bisa diam. Anak pun jadi gelisah kalau terlalu lama mengganti popoknya.

Kalau bayi Bunda termasuk yang enggak bisa tenang saat ganti popok, bisa jadi ia tipe anak yang cepat bosan atau berubah mood. Penulis buku Personality Plus, Florence Littauer mengatakan, rasa bosan dan moody merupakan salah satu ciri kepribadian sanguinis populer.


"Untuk bekerja sama dengan orang yang memiliki tipe kepribadian seperti ini, Anda harus pandai mengoptimalkan ruang perhatiannya," kata Littauer, dikutip dari buku Growing Up Usia 0 - 12 Bulan.


Bagaimana caranya? Bunda harus mengganti popok si kecil secepat mungkin, tapi tanpa menimbulkan kesan tergesa-gesa.

"Itu pun hanya bisa Anda lakukan jika semua perlengkapan (popok bersih, waslap, atau kapas pembersih, bedak, krim, pelembab, dan sebagainya) ada dalam jangkauan Anda," katanya.

Nah, kalau Bunda memiliki pengalaman yang sama, ada trik lain untuk menghadapinya, yakni:

Ilustrasi ganti popok bayiIlustrasi mengganti popok bayi/ Foto: Getty Images/iryouchin

1. Jangan mendadak

Bayi juga akan merasa terganggu dengan perubahan situasi yang tiba-tiba. Kalau si kecil lagi asyik bermain, lalu Bunda langsung menggendong dan mengganti popoknya, pasti anak merasa diinterupsi.

Karena itu, buatlah semacam isyarat misalnya mengacung-acungkan selembar popok untuk menarik perhatiannya.

2. Obyek pengalih perhatian

Bunda bisa menggunakan benda jenis apa saja, asal aman dan anak tertarik melihatnya. Kalau anak sudah bosan dengan mainan bayinya, Bunda bisa mencoba benda yang bukan mainannya.

3. Jadilah pelawak

Bayi akan senang sekali mendengar suara atau tingkah orang tuanya yang jenaka. Karena itu, tidak ada salahnya Bunda jadi pelawak selama mengganti popok bayi.

Permainan yang memakai lagu juga bisa, Bunda. Kalau enggak pede menyanyi, cobalah permainan menirukan suara-suara binatang.

4. Sambil berdiri

Bayi yang sudah bisa bersandar di dinding, mungkin bosan apabila mengganti popok dengan terlentang. Jadi, kenapa enggak mencoba sambil berdiri? Dengan begitu, anak bisa meihat dunia yang lebih luas ketimbang hanya memandang langit-langit kamar.

"Mula-mula, popoknya mungkin tidak terpasang sempurna, tapi nantinya Anda bisa memakaikan dengan rapi," saran Littauer.

5. Di lantai

Kalau mengganti popok bayi di tempat tidur, pastinya ada rasa khawatir anak jatuh terguling. Agar lebih tenang, Bunda bisa mencoba mengganti popok bayi di atas lantai. Bunda bisa menggunakan matras, kasur tipis, karpet tebal, atau apa saja yang bisa dijadikan alas.

Oya Bunda, sebelum kita mengganti popok bayi, pastikan tangan kita bersih. Kadang, kita malah lupa enggak cuci tangan karena menganggap pegang popok juga kotor.

"Karena kan kita mau bersihkan popok, enggak mungkin dong tangannya bersih, toh kita ganti popok kan kotor. Tapi ingat, kita kan pegang bayinya juga," ucap dr.Reisa Broto Asmoro, dalam tayangan program dr.Oz Indonesia Trans TV.


Bunda, simak juga review popok bayi dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]




(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi