Sign Up search


parenting

Kebutuhan Air Putih Anak Usia 1 hingga 2 Tahun, Berapa Gelas Sehari?

Melly Febrida Rabu, 18 Mar 2020 15:08 WIB
Kebutuhan Air Putih Anak Usia 1 hingga 2 Tahun, Berapa Gelas Sehari? Ilustrasi kebutuhan air putih anak usia 1 hingga 2 tahun/ Foto: Getty Images/SolStock
Jakarta - Berapa gelas sih anak-anak harus minum setiap harinya? Anak usia 12 hingga 24 bulan (1 - 2 tahun) terkadang tak banyak minum. Memang, jumlah air yang dibutuhkan anak bervariasi.

Untuk anak usia 12 hingga 24 bulan, harus minum 1 sampai 4 gelas setiap harinya agar cukup mendapat air. Dijelaskan Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr. Muliaman Mansyur, bayi dan anak membutuhkan air lima kali lebih banyak dibandingkan orang dewasa.


"Di mana kebutuhan air untuk bayi itu 10 - 15 persen dari berat badannya, sedangkan kebutuhan orang dewasa 2 - 4 persen dari berat badannya," ungkap Muliaman.


"Artinya, jika bayi punya berat 5 kilogram, maka kebutuhan cairan sekitar 750 mililiter," tegasnya.

Anak minum air putihAnak minum air putih/ Foto: Getty Images/SolStock
Sementara itu, mengutip Healthy Drinks Healthy Kids, untuk jumlah air yang dibutuhkan anak usia 12 hingga 24 bulan ini berdasarkan seberapa aktif mereka, kondisi cuaca, jumlah cairan yang didapatkan dari minuman lain seperti susu, atau makanan seperti sup.

Selain itu, kebutuhan minum pada anak berusia 1 tahun bergantung pada berapa banyak makanan padat yang mereka makan. Ketika anak-anak mendekati usia 2 tahun, dan transisi untuk lebih banyak makan pada waktu makan, anak akan membutuhkan lebih sedikit susu.

Dikutip dari kidshealth.org, tanpa air, organ manusia tidak akan bekerja secara sempurna. Sebab, air mempunyai peranan penting yakni untuk membawa oksigen dalam darah, bagian dari sistem imun, juga menjaga temperatur tubuh tetap normal.


Bunda, simak juga manfaat sarapan bagi anak, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]




(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi