sign up SIGN UP search


parenting

13 Cara Memahami Psikologis Anak, Beri Perhatian hingga Berempati

Melly Febrida Selasa, 28 Apr 2020 09:11 WIB
Full length front view smiling young curly mother sitting on comfortable couch with cute playful little preschool daughter in lotus position. Happy mommy practicing yoga exercised with small child. caption
Jakarta - Dalam mendidik dan mengasuh anak, enggak hanya membuat anak merasa nyaman. Namun, orang tua perlu hadir untuk anak secara emosional, dan memberikan anak rasa aman.

Sebuah studi yang dilakukan Dr. Brenda Volling, direktur dan profesor riset University of Michigan, mengungkap, anak-anak secara langsung dipengaruhi waktu orang tua dalam perkembangannya.


Karena itu, orang tua penting untuk mendidik diri mereka sendiri tentang berbagai aspek psikologi dan perkembangan anak, sehingga orang tua bisa berkontribusi dalam pertumbuhan emosi dan mental anak.


"Dari sudut pandang moral seperti dari sudut pandang intelektual, anak dilahirkan bukan baik atau buruk tetapi menguasai takdirnya," kata psikolog anak Jean Piaget, mengutip Mom Junction.

Lalu, bagaimana cara memahami psikologis anak? Berikut 13 tips dasar psikologi anak yang bisa membantu Bunda agar memahami anak lebih baik lagi. Lihat di halaman selanjutnya ya.

Simak juga pengorbanan ahli forensik dr.Sumy Hastry saat harus membagi waktu mendidik kedua anaknya. Dalam video Intimate Interview di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Waktu berkualitas hingga dengarkan cerita anak
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi