PARENTING
Bunda, Rajin Minum Jus Buah Sejak Kecil Pengaruhi Pola Makan Anak saat Remaja
Melly Febrida | HaiBunda
Jumat, 07 Aug 2020 17:04 WIBMelihat anak-anak yang senang makan sayur dan buah-buahan itu membahagiakan sekali. Kalau si Kecil termasuk yang jarang minum jus buah, yuk mulai biasakan memberikan jus buah yang asli setiap hari.
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak usia 2 tahun hingga 18 tahun yang rutin mengonsumsi jus buah 100 persen berkaitan dengan meningkatnya kecukupan gizinya, Bunda.
Minum jus buah juga berperan penting dalam diet anak, karena memasok nutrisi penting di masa pertumbuhan dan perkembangannya.
"Minum jus buah pada anak-anak dapat meningkatkan kualitas makanan yang lebih baik dan asupan buah utuh yang lebih tinggi," kata Peneliti utama, Dr Lynn Moore dari Universitas Boston, AS, dikutip dari The Street Journal.
Hal ini dibahas dalam penelitian yang berjudul Longitudinal Study of Fruit Juice Consumption During Preschool Years and Subsequent Diet Quality and BMI yang dilakukan Boston University dan dipublikasikan secara online di BMC Nutrition pada Mei 2020 oleh Lynn L. Moore dan rekan.
Dari penelitian itu ditemukan bahwa anak-anak kecil yang mengonsumsi jus buah 100 persen secara teratur, makan lebih banyak buah dan sayuran, lebih mungkin mengembangkan pola makan dan kebiasaan makan yang lebih sehat di masa remajanya, daripada rekan-rekan mereka yang sedikit minum jus buah saat masih kecil.
Hasil penelitian itu juga mendorong agar jus buah dimasukkan ke dalam diet seimbang. Ini bertentangan dengan penelitian sebelumnya bahwa konsumsi jus buah secara teratur tidak membuat anak-anak berisiko lebih besar mengalami kelebihan berat badan di tahun-tahun berikutnya.
"Konsumsi buah, khususnya konsumsi buah utuh, memiliki banyak manfaat kesehatan sepanjang umur seseorang. Menghindari jus buah selama tahun-tahun awal pembentukan, mungkin memiliki efek yang tidak diinginkan pada berkembangnya perilaku makan," ujar Moore.
Dalam jurnal Pediatrics disebutkan, anak-anak sebaiknya didorong untuk mendapatkan jus dalam jumlah terbatas dan mendorong mereka untuk makan buah utuh dan hanya minum susu rendah lemak.
"Jika anak Bunda mengonsumsinya untuk memenuhi kebutuhan vitamin, maka makanlah buahnya. Buah mengandung serat dan vitamin," kata Todd Wolynn, President of Kids Plus Pediatrics.
Simak juga video jus detoks penangkal stres:
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
Perhatikan 8 Hal Ini Sebelum Memberi Anak Jus Buah
7 Jus Buah yang Bagus Diberikan pada Batita
Kapan Si Kecil Boleh Mulai Minum Jus Buah?
Perhatikan Ini Saat Hendak Beri Anak Jus Buah
TERPOPULER
Cara Mengenali Orang yang Kesepian Secara Mental dan Emosional dari Obrolan Sehari-hari
Tak Asal Bicara, Ini 7 Kalimat yang Dihindari Orang dengan EQ Tinggi
Bayi Usia 8 Bulan Disebut Sudah Mulai Bisa Berbohong, Normalkah?
Bayi Baru Lahir Kini Bisa Langsung Punya Akta Kelahiran, Begini Penjelasannya
LPS Financial Festival 2026 Sambangi Lampung, Yuk Tingkatkan Literasi Keuangan!
REKOMENDASI PRODUK
5 Rekomendasi Scalp Serum untuk Mengatasi Ketombe dan Rambut Rontok
Amira SalsabilaREKOMENDASI PRODUK
7 Ide Hiasan 17 Agustus 2026 Kemerdekaan yang Unik dan Menarik
Annisa KarnesyiaREKOMENDASI PRODUK
5 Wajan & Panci untuk Kompor Listrik Induksi, Awet & Anti Lengket
Amira SalsabilaREKOMENDASI PRODUK
7 Rekomendasi Susu UHT untuk Ibu Hamil
Amrikh PalupiREKOMENDASI PRODUK
7 Aksesori Anak untuk Karnaval Kemerdekaan 17 Agustus, Bikin Makin Gemas
Annisa KarnesyiaTERBARU DARI HAIBUNDA
Cara Mengenali Orang yang Kesepian Secara Mental dan Emosional dari Obrolan Sehari-hari
Bayi Usia 8 Bulan Disebut Sudah Mulai Bisa Berbohong, Normalkah?
Bayi Baru Lahir Kini Bisa Langsung Punya Akta Kelahiran, Begini Penjelasannya
LPS Financial Festival 2026 Sambangi Lampung, Yuk Tingkatkan Literasi Keuangan!
Tak Asal Bicara, Ini 7 Kalimat yang Dihindari Orang dengan EQ Tinggi
FOTO
VIDEO
DETIK NETWORK
-
Rekomendit
Sepatu Lari Empuk Buat Pemula? PUMA Softride Enzo 5 Wajib Kamu Cek
-
Beautynesia
Simak Cerita Jung Hae In dan Ha Young Tentang Chemistry Mereka di Drakor Our Sticky Love
-
Female Daily
no na Tampil Memukau di Head In The Clouds 2026, Intip Fashion Colorful Mereka
-
CXO
Turnamen Voli SBY Cup 2026 di Magelang 13-17 Mei, Ada LavAni-Samator
-
Wolipop
Sinopsis Khali The Killer, Film Thriller Kriminal dengan Twist Emosional
-
Mommies Daily
Drama Hayoung yang Bisa Masuk Daftar Tontonan Mommies, Terbaru Our Sticky Love