sign up SIGN UP search


parenting

Ragam Manfaat Susu untuk Anak Saat Pandemi, Ini Daftarnya!

Inkana Putri Selasa, 01 Sep 2020 11:39 WIB
Caucasian toddler girl is drinking milk in studio. caption
Jakarta -

Selama pandemi, menjaga daya tahan tubuh si kecil merupakan hal yang harus diperhatikan. Salah satu caranya yaitu dengan memberinya makanan dan minuman bergizi, termasuk susu. Head of Medical Marketing Kalbe Nutritionals dr. Muliaman Mansyur mengatakan susu merupakan nutrisi pelengkap makanan bagi tumbuh dan kembang si kecil, bahkan untuk daya tahan tubuhnya.

"Susu adalah nutrisi lengkap yang biasanya diberikan untuk si kecil untuk mendukung tumbuh kembangnya agar optimal. Saat ini dengan semakin majunya teknologi maka semakin banyak nutrisi yang ditambahkan ke dalam susu., misalnya nutrisi untuk kecerdasan, nutrisi untuk pertumbuhan optimal dan nutrisi untuk daya tahan tubuh," ujarnya kepada HaiBunda baru-baru ini.

Selama adaptasi kebiasaan baru, si kecil tentunya juga tetap perlu beraktivitas di dalam rumah agar tetap fit dan tidak stress. Melansir Living dan Loving, susu mengandung vitamin, mineral, kalsium, dan nutrisi baik lainnya yang bisa menjaga daya tahan tubuh si kecil. Bahkan, ada banyak manfaat susu lainnya yang bisa si kecil dapatkan dari mengonsumsi susu setiap hari seperti berikut.


Memperkuat Tulang dan Gigi

Susu adalah sumber kalsium yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Mengonsumsi susu sejak dini tentunya bisa menjaga kesehatan tulang dan gigi serta mencegah si kecil dari osteoporosis dan kerusakan gigi lainnya. Dengan mengonsumsi susu setiap hari kebutuhan kalsium atau vitamin D dalam tubuh si kecil tentu akan lebih terpenuhi.

Mengurangi Stres

Berdiam diri di rumah selama berbulan-bulan lamanya mungkin membuat si kecil menjadi bosan atau stres. Meskipun jadi suatu hal yang normal terjadi, tentunya hal ini tidak bisa dibiarkan ya, Bun. Selain mengajak si kecil bermain, Bunda juga bisa berikan susu saat si kecil mulai merasa bosan atau stress.

Susu mengandung vitamin dan mineral yang berfungsi sebagai pereda stres dan pemacu energi. Minum segelas susu hangat disebut bisa membantu meredakan ketegangan otot dan saraf. Selain itu, susu dapat membantu merevitalisasi tubuh si kecil setelah seharian beraktivitas.

Menyehatkan Kulit

Salah satu tanda anak yang sehat yaitu mempunyai tubuh yang sehat, termasuk kulit. Bukan cuma bagus buat tumbuh kembang si kecil, ternyata susu bisa menyehatkan kulit lho, Bun. Susu memiliki banyak nutrisi yang bisa membantu menyehatkan kulit. Kandungan asam laktat berfungsi sebagai eksfoliator dan enzim membuat kulit menjadi halus. Susu juga mengandung asam amino yang bisa membantu menjaga kelembaban kulit si kecil.

Menjaga Tekanan Darah

Tekanan darah yang normal menandakan jantung si kecil bekerja dengan baik untuk menyalurkan darah ke semua organ. Saat tekanan darah si kecil tak stabil, tentunya suplai darah yang berisi makanan dan oksigen tidak bisa tersebar ke seluruh tubuh. Akibatnya, aktivitas organ dan sistem metabolismenya pun akan terganggu.

Minum susu disebut dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah si kecil. Kandungan magnesium dan potasium dalam susu berfungsi sebagai vasodilator yang mengatur suplai darah ke organ. Jika tekanan darah si kecil stabil, tentunya organ dalam tubuhnya juga bisa bekerja dengan normal sehingga ia bisa terus beraktivitas.

Mengoptimalkan Imunitas

Selama masa adaptasi kebiasaan baru ini Bunda tentu khawatir si kecil akan gampang terinfeksi virus dan penyakit. Oleh karena itu, menjaga sistem imun si kecil menjadi hal yang sangat penting. Dr. Muliaman menjelaskan susu juga dapat mengoptimalkan sistem imunitas si kecil. Kandungan berbagai macam vitamin pada susu dapat membantunya tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

"Di tengah pandemi, tentunya pemberian susu pada anak untuk meningkatkan daya tahan tubuh dapat menjadi alternatif agar kecukupan nutrisi terpenuhi. Pemberian tambahan nutrisi dari susu ini dapat memenuhi kalori agar si kecil tidak kekurangan kalori, yang berdampak dia akan lemas dan gampang sakit. Susu juga bisa mempertahankan kesehatan saluran cerna sehingga nutrisi diserap dengan baik dan si kecil tidak terinfeksi dari bakteri yang membuat sakit," katanya.

Sudah tahu manfaat susu kan, Bun? Yuk segera penuhi kebutuhan susu harian si kecil agar ia bisa terus terjaga kesehatannya di masa adaptasi kebiasaan baru. Dr. Muliaman mengatakan setiap harinya si kecil membutuhkan susu 1-2 gelas per hari sebagai tambahan nutrisi.

Bagi Bunda yang ingin memberikan si kecil nutrisi tambahan, Bunda dapat memberikan Morinaga Chil*Go!, susu cair steril yang enak bernutrisi dikemas secara praktis menggunakan teknologi proses sterilisasi. Morinaga Chil*Go! dengan perpaduan nutrisi Serat Pangan Inulin, 9 Vitamin, dan 5 Mineral untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. Serat Pangan Inulin dapat membantu memelihara fungsi saluran pencernaan untuk mendukung daya tahan fisik anak selama si kecil melakukan berbagai aktivitas selama di rumah.

(mul/ega)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi