sign up SIGN UP search


parenting

Bun, Ini Manfaat Protein Kedelai pada Susu Anak

Reyhan Diandri Ghivarianto Kamis, 23 Jul 2020 12:12 WIB
susu caption
Jakarta -

Susu merupakan salah satu makanan yang dapat memberikan nutrisi penting bagi si kecil. Sejak usia dini, susu bisa dijadikan makanan utama untuk menjaga tumbuh kembang anak hingga ia menjadi dewasa.

Dari sekian banyak susu, ada beberapa jenis susu yang bagus untuk si kecil terutama bagi yang mempunyai penyakit alergi. Susu yang mengandung protein kedelai misalnya, bisa menjadi pilihan terbaik untuk diberikan kepada anak.

Dilansir dari laman healthline, protein kedelai memiliki sedikit lemak dan tidak mengandung kolesterol. Berbeda dengan protein yang berasal dari tumbuhan lain, protein kedelai adalah protein lengkap dengan kandungan asam amino yang dibutuhkan dalam pengembangan otot bagi tubuh si kecil.


"Protein kedelai adalah protein yang berasal dari tumbuhan kedelai, biasanya protein kedelai bebas lemak atau berlemak rendah yang diolah sedemikian rupa sehingga kandungan proteinnya tinggi," ujar Head of Medical Marketing Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur kepada HaiBunda baru-baru ini.

Protein kedelai juga bisa diolah kembali menjadi isolat protein kedelai dengan kandungan protein yang tinggi. Biasanya isolat inilah yang menjadi campuran untuk bahan makanan seperti susu soya (kedelai) yang bermanfaat untuk anak.

"Metode pembuatan isolat protein kedelai adalah dengan memisahkan komponen lain dalam kedelai seperti karbohidrat dan lemak. Sehingga mendapatkan isolat protein soya yang berkualitas," ujar dr Muliaman.

"Susu soya yang mengandung protein kedelai kaya akan protein nabati dan berguna untuk pertumbuhan. Di samping itu, susu kedelai juga mengandung kalsium yang bagus untuk kesehatan tulang dan daya tahan tubuh," imbuhnya.

Kemudian dikutip dari laman pubmed.ncbi.nlm.nih.gov, penelitian oleh S H Quak tentang konsumsi protein kedelai pada anak-anak di Asia, menemukan bahwa susu yang mengandung protein kedelai bisa menjadi pengganti protein hewani, seperti susu sapi untuk mengatasi intoleransi terhadap laktosa. Dari penelitian itu juga diketahui anak yang mengonsumsi susu formula dengan kandungan protein kedelai dapat terhindar dari penyakit atopik, bronkiolitis, dan asma bronkial.

Dilihat dari beragam manfaat itu, tentunya Bunda bisa mulai mencoba memberikan susu dengan protein kedelai kepada si kecil. Nah, salah satu susu dengan berbagai formula baik serta kandungan isolat protein kedelai adalah Morinaga Chil Kid Soya untuk si kecil yang memiliki riwayat alergi.

Morinaga Chil Kid Soya MoriCare+, BB536, dan M-16V adalah susu pertumbuhan dengan isolat protein kedelai, khusus diformulasikan untuk bayi usia 1-3 tahun. Susu ini mengandung formula Moricare+ dengan Triple Bifidus yaitu kombinasi antara zat gizi makro (protein) dan mikro (vitamin dan mineral) yang dapat memenuhi kebutuhan untuk pertumbuhan buah hati Bunda.

(akn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi