sign up SIGN UP search


parenting

Reaksi Zaskia Mecca Dicap Sombong karena Larang Anak Main dengan Tetangga Saat Pandemi

Annisa Karnesyia Jumat, 09 Oct 2020 18:39 WIB
Zaskia Adya Mecca caption
Jakarta -

Pandemi Corona memaksa orang tua harus ekstra hati-hati dalam menjaga buah hatinya. Hal ini juga dilakukan Zaskia Adya Mecca yang melarang buah hatinya main dengan anak tetangga.

Sejak pindah ke Yogyakarta, Zaskia menceritakan bahwa anak keduanya, Kala, begitu antusias diajak bermain bersama anak tetangga. Apalagi anak tetangga ini seumuran dengan putrinya, Bunda.

"Bbrp lama semenjak pindah jogja, anak tetangga yang seumur Kala mulai ngajak kenalan.. Kala se happy itu mau ada temen baru! Seumuran, ngajak main sepeda juga roller..," tulis Zaskia di Instagram miliknya, dikutip Selasa (6/10/2020).


"Panik excited kalo tiap sore namanya dipanggil sama temen2 baru itu di depan rumah, "Kalaaaa! Main yuk"," sambungnya.

Namun, sejak pandemi Corona, Zaskia memutuskan untuk melarang buah hatinya main bersama anak tetangga. Ia mengaku sedih dan serba salah karena membatasi kegiatan sang putri.

"Sayang, situasi pandemi membuat ku merasa terkotak2an... dua anak kecil yang ingin sekedar main bersama hanya bisa saling ngobrol terbataskan pagar. Sedih loh hati liat beginiann, tapi apa daya kita semua harus saling menjaga.. ku ga tau riwayat anak2 itu contact dengan siapa dan begitupun juga mereka...," ujarnya.

Dalam unggahannya, Zaskia membagikan foto Kala yang sedang berdiri menghadap pintu pagar rumahnya. Kala sedang menatap temannya yang mengintip di antara pintu pagar.

Instagram Zaskia Adya MeccaInstagram Zaskia Adya Mecca/ Foto: Instagram @zaskiadyamecca

Unggahan Zaskia ini langsung dibanjiri komentar netizen. Salah satu netizen bahkan mencap ibu lima anak ini sombong karena melarang putrinya main dengan anak tetangga, Bunda.

"Kesannya somboooonggg banget jadi orang kek gtu Biaaa...... Tapi artis mah gak mau berteman sama kalangan biasa..... Sudah terlihat," tulis akun @gita***.

Komentar ini langsung dibalas Zaskia, Bunda. Ia secara tegas menjelaskan alasannya melarang Kala main dengan teman barunya.

"Hahaha gapapa mau dinilai sombong, tapi aku menjaga anakku krn anak tetangga kmrn main taunya bersinggungan sama orang positif covid..kalo da gitu da ga penting dinilai sombong atau tidak yang penting anak saya terlindungi," jawabnya.

Jawaban Zaskia ini banyak mendapat dukungan dari netizen lain. Kebanyakan mereka setuju dengan cara Zaskia melindungi anak-anaknya.

"Bener sik bia, soalnya kalau anak kita yang sakit, orang ma ga peduli ya bia, paling cuma bilang "kasian ya" selebihnya kita yang khawatir saben hari mikirin nyah ga tenang, yang smart deh people di jaman skrng. Maksud hati mah pengen ramah sama tetangga, tapi apa daya covid ini memisahkan kita," tulis @senja***.

"Gak perlu jadi artis untuk melarang anaknya main dengan anak lain di masa pandemi ini mbake, semua ibu2 yg khawatir akan kesehatan anaknya ya mesti gitu," ujar @khoirul***.

Selama pandemi Corona, melindungi anak-anak menjadi prioritas orang tua. Menurut dokter spesialis anak dan anggota IDAI dr.Margareta Komalasari, Sp.A., orang tua perlu menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah pada buah hati.

Meski begitu, orang tua harus tetap mengajak anak-anak bergerak aktif. Hal ini dilakukan untuk membantu tumbuh kembangnya.

"Kondisi pandemi ini anak harus bergerak, tumbuhnya harus diperhatikan dan tetap harus kita edukasi kesehatan yang benar dan baik untuk memberi perlindungan terhadap penyakit COVID-19," kata Margareta, belum lama ini.

Sementara kata Praktisi Keluarga dan Anak Dr.Seto Mulyadi, M.Psi atau akrab disapa Kak Seto, orang tua harus membangun suasana yang nyaman bagi anak agar tak bosan di rumah. Berbagai kegiatan bisa dilakukan untuk menyiasati perubahan suasana di masa pandemi.

"Orangtua harus berani berubah lebih tenang, sabar, gembira, dan penuh rasa syukur. Dengan begitu kita memposisikan jadi sahabat anak-anak," ujarnya dilansir laman covid.go.id.

Simak juga cara tepat pakai masker untuk melindungi dari COVID-19, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi