sign up SIGN UP search


parenting

Tanda-tanda Anak Kecanduan Gadget, Begini Cara Mengatasinya Bun

Annisa Afani Selasa, 17 Nov 2020 07:05 WIB
Child busy playing the smartphone mobile games does not pay attention to the moving car. Boy child playing mobile games on smartphone on the street caption
Jakarta -

Pandemi corona atau COVID-19 membuat banyak orang melakukan aktivitasnya di rumah, termasuk anak-anak. Anak-anak melakukan kegiatan belajar atau mengisi kegiatan hariannya lebih banyak dengan gadget, sehingga menyebabkan anak-anak kecanduan.

Mengutip New18, jumlah anak yang kecanduan gagdet selama pandemi mengalami peningkatan. Ini berdasarkan hasil survei sampel yang dilakukan oleh dokter di Rumah Sakit JK Lone di Jaipur pada 203 anak.

Dari jumlah itu, ditemukan ada sekitar 65 persen anak-anak menjadi kecanduan gadget dalam beberapa bulan terakhir. Bahkan, sebagian anak-anak mungkin akan menangis, marah, tidak mendengarkan orang tuanya saat diminta meninggalkan laptop, komputer, dan ponsel.

Penggunaan gadget pada anak-anak saat ini memang menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Meski alat elektronik ini dapat meningkatkan keterampilan kognitif anak, namun jika sudah menyebabkan kecanduan.

"Game, dan aplikasi, bahkan yang mendidik sekali pun dirancang untuk menjaga minat pengguna. Kecanduan mungkin terjadi pada anak-anak, terutama mereka dengan gangguan spektrum autisme yang memiliki berbagai minat terbatas," kata Kepala Psikolog Senior di Departemen Perkembangan Anak, Rumah Sakit Wanita dan Anak KK (KKH), Dr Soong Chi Mei, dikutip dari Health Xchange.

Kecanduan gadget dapat menimbulkan dampak yang lebih luas, seperti kurangnya minat dalam pengembangan keterampilan praktis di kehidupan nyata, dan kurangnya fokus atau konsentrasi pada tugas apa pun kecuali jika dikerjakan di gadget. Selain itu, manajemen waktu, dan kebiasaan makan menjadi buruk.


Tanda anak kecanduan gadget

Bunda, dan Ayah perlu mengamati tanda-tanda anak kecanduan gadget pada anak sebelum memberi dampak buruk bagi kesehatan anak. Mengutip Moms, berikut beberapa tanda-tanda yang akan tunjukkan anak apabila sudah kecanduan gadget:

1. Gangguan kecemasan

Ketika anak kecanduan gadget, mereka akan mulai mengembangkan keterampilan komunikasi dasar. Itu karena gadget menarik mereka dari kenyataan dan membawanya ke dunia digital.

Ketika orang tua menjauhkannya dari gadget, maka hal tersebut dapat menyebabkannya stres, dan kecemasan. Karenanya, apabila anak yang mengalami stres, dan tidak dapat berkomunikasi dengan baik tanpa menggunakan gadget, itu sudah menjadi salah satu indikator kuat si kecil kecanduan gadget.

2. Menarik diri dari orang tua

Anak-anak cenderung menarik diri dari orang tua setiap kali merasa tidak aman. Anak-anak juga bisa menarik diri karena gadget. Jika Bunda mengamati anak menarik diri dari percakapan, itu bisa menjadi salah satu indikasi bahwa anak kecanduan gadget.

3. Kehilangan minat

Salah satu tanda anak kecanduan gadget yang terlihat adalah ketika ia kehilangan minat pada acara atau kegiatan berkumpul keluarga. Anak akan terlihat lebih senang menggunakan gadget daripada berjalan-jalan, bermain di luar rumah atau mendengarkan cerita.

4. Mengalami masalah mata dan sakit kepala

Masalah mata dan sakit kepala merupakan indikasi yang jelas dari kecanduan gadget. Anak tidak akan mengembangkan masalah ini jika waktu yang digunakan di depan layar gadget lebih sedikit.

5. Sering minta menggunakan gadget

Sementara tanda lainnya, seperti sering meminta untuk menggunakan gadget. Jika ditolak atau dilarang, anak akan mengamuk atau gadget malah dibawa pergi.

Klik next untuk membaca selengkapnya ya, Bun.

(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi