sign up SIGN UP search


parenting

7 Fakta Tentang Alergi Kacang Pada Anak, Bunda Perlu Tahu

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Minggu, 13 Dec 2020 11:41 WIB
Anak makan kacang caption
Jakarta -

Orang tua seringkali takut salah memberi makan anak-anaknya. Sebagian besar khawatir jika anaknya mengalami alergi karena konsumsi makanan, seperti kacang.

Alergi kacang bisa dialami sejak masa kanak-kanak, Bunda. Menurut dokter spesialis alergi, Magee Defelice, MD, alergi kacang menimbulkan reaksi yang berbeda dari alergi lain.

"Alergi kacang dapat menyebabkan kesulitan bernapas dan masalah kesehatan serius lainnya," kata Defelice, melansir dari Kids Health.


Ketika seseorang memiliki alergi ini, dia akan bereaksi berlebihan terhadap protein di dalam kacang. Tubuhnya mengira bahwa protein ini adalah benda berbahaya, sehingga bekerja keras untuk melawannya.

Alergi kacang pada anak perlu perlu mendapat perhatian khusus. Banyak studi meneliti risiko dan hubungan konsumsi kacang pada alergi anak.

Mengutip Parents, berikut 7 fakta tentang alergi kacang pada anak menurut penelitian. Catat ya, Bunda.

1. Risiko makan kacang dengan alergi

Anak-anak yang tidak makan kacang pada masa kanak-kanak disebut memiliki risiko lebih besar mengalami alergi. Orang tua justru disarankan tidak menunda pemberian kacang lho, Bunda.

"Ternyata, menunda untuk mengenalkan kacang (dan makanan alergen lain) sebenarnya dapat meningkatkan risiko mereka terkena atau mengembangkan alergi," kata Dr.Pistiner, direktur advokasi, pendidikan, dan pencegahan alergi makanan di MassGeneral Hospital for Children's Food Allergy Center, Boston.

Bukti kuat menunjukkan bahwa memberi bayi dan balita kacang tanah dapat mengetahui batas toleransi mereka terhadap makanan ini. Artinya, mereka dapat mengonsumsi kacang tanpa reaksi alergi.

2. Eksim parah bisa memengaruhi alergi kacang

Pada kulit anak yang normal, terdapat fungsi perlindungan yang sehat. Sementara pada anak dengan kulit kering, merah, dan gatal karena eksim, perlindungan ini tidak berfungsi dengan baik.

Partikel kacang yang masuk ke kulit bayi bisa memperparah alergi. Perbedaan fungsi perlindungan ini juga menjelaskan mengapa anak-anak dengan eksim parah lebih berisiko mengalami alergi makanan.

BACA HALAMAN SELANJUTNYA untuk tahu fakta lain tentang alergi kacang pada anak.

Banner susuBanner susu/ Foto: HaiBunda/Mia Kurnia Sari

Simak juga cara tepat tangani anak demam, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Fakta Tentang Alergi Kacang Pada Anak
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!