sign up SIGN UP search


parenting

Bayi Alergi Pisang, Ini Gejala dan Cara Mengatasinya Bun

Annisa Karnesyia Sabtu, 26 Dec 2020 20:10 WIB
Bayi Alergi Pisang, Ini Gejala dan Cara Mengatasinya Bun
baby girl eating banana at home caption

Gejala bayi alergi pisang

Bayi yang mengalami alergi pisang bisa mengalami gejala dan tanda-tanda, Bunda. Gejala ini bisa terlihat dan perlu disadari orang tua. Mengutip Mom Junction, berikut 3 gejala alergi tersebut:

1. Masalah pada kulit

Gejala pada kulit adalah tanda umum alergi pisang pada bayi. Beberapa tanda yag mungkin muncul adalah eksim, sensasi gatal, radang lidah, wajah bengkak, radang mulut, kulit melepuh, dan muncul benjolan kemerahan.

2. Masalah di saluran cerna

Beberapa gejala alergi pisang mungkin berhubungan dengan saluran pencernaan bayi. Si kecil mungkin akan mengalami satu atau lebih gejala dalam beberapa jam setelah makan pisang. Gejala tersebut di antaranya adalah sakit perut, mual, muntah, diare, buang air besar, dan sering buang gas.


3. Masalah di saluran pernapasan

Bayi yang mengalami alergi pisang mungkin mengalami masalah terkait pernapasannya. Beberapa gejala yang bisa dialami, yakni sesak napas, hidung tersumbat, batuk, pilek, bunyi napas mengi, hingga bisa pingsan.

Jika di kecil mengalami beberapa gejala di atas, sebaiknya segera hentikan pemberian pisang. Bunda juga perlu membawa anak ke dokter.

3 Tips mengatasi alergi pisang pada bayi

1. Jika bayi mengalami reaksi alergi pisang, dokter umumnya akan menyarankan untuk memberi makan bayi dengan pisang yang dipotong kecil-kecil.

2. Bunda dapat memberikan pisang yang telah dimasak dalam porsi yang kecil. Pisang yang dimasak jauh lebih aman dibandingkan pisang mentah.

3. Jangan berikan pisang sebagaiĀ makanan pertama bayi. Sebaiknya beri si kecil makanan, seperti wortel kukus karena jauh lebih aman.

(ank/ank)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi