sign up SIGN UP search


parenting

Demam Berdarah Dengue Kambuh Bisa Lebih Parah Jika Antibodi Turun

Melly Febrida Rabu, 03 Feb 2021 15:44 WIB
Tingkatkan risiko penyakit parah
ilustrasi anak demam caption

Apa yang terjadi jika nyamuk Aedes aegypt menginfeksi seseorang dengan virus dengue? Ketika nyamuk yang terinfeksi menggigit seseorang, ia menyuntikkan virus dengue ke dalam aliran darah.  Virus menginfeksi sel kulit terdekat yang disebut keratinosit, jenis sel yang paling umum di kulit. Virus dengue juga menginfeksi dan bereplikasi di dalam sel kekebalan khusus yang terletak di kulit, sejenis sel dendritik yang disebut sel Langerhans.

Dikutip Nature, terpapar DBD berkali-kali dapat meningkatkan risiko penyakit DBD yang parah. Penyakit kronis tertentu, termasuk asma, anemia sel sabit, dan diabetes melitus dapat meningkatkan risiko seseorang mengembangkan bentuk penyakit yang parah.  

Variasi dalam alel antigen leukosit manusia (sekelompok gen yang terlibat dalam fungsi sistem kekebalan) juga dapat meningkatkan risiko tersebut. Meski banyak yang diketahui tentang bagaimana tubuh merespons infeksi dengue, para peneliti masih mencoba menjawab banyak pertanyaan tentang penyakit tersebut.

Dikutip detikhealth, Dr Leonard Nainggolan, SpPD-KPTI pernah mengatakan seseorang yang sudah kena sekali DBD maka ia belum kebal.
"Karena virus DBD ada 4 jenis yaitu DEN-1, 2, 3 dan 4. Jadi kita bisa kena DBD 4 kali," ujar  Leonard.


(som/som)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Rekomendasi