sign up SIGN UP search


parenting

4 Sehat 5 Sempurna Sudah Berganti Jadi Pedoman Gizi Seimbang Lho Bun

Kinan Selasa, 19 Jan 2021 14:40 WIB
Little boy is enjoying his stir fry dinner and socialising with his family at home. caption

Dalam menjamin proses tumbuh kembangnya, anak membutuhkan asupan makanan bergizi. Selama ini kita mengenal metode 4 sehat 5 sempurna ya, Bunda. Tapi sudah tahukah Bunda apa saja varian yang termasuk di dalamnya?

Metode 4 sehat 5 sempurna sendiri sebenarnya saat ini memang sudah diganti oleh Pedoman Gizi Seimbang. Namun tak ada salahnya jika Bunda mengetahui apa yang dimaksud dengan 4 sehat 5 sempurna itu.

Pada dasarnya, inti dari menu makanan 4 sehat 5 sempurna adalah terpenuhinya nutrisi penting bagi tubuh. Komponennya terdiri dari karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin. Berikut ulasan lengkapnya, Bunda:


1. Makanan pokok

Makanan pokok biasanya berupa sumber karbohidrat. Meski selalu identik dengan nasi, sumber karbohidrat lain juga bisa dikonsumsi. Misalnya seperti gandum, jagung, sagu, singkong dan umbi lainnya. Jadi, tak melulu harus nasi karena bisa membuat anak bosan.

Selain itu, varian nasi pun ada bermacam-macam dan bisa dibuat bergantian. Mulai dari nasi merah atau nasi cokelat. Sesuaikan dengan kesukaan anak saja, ya.

Untuk nasi merah, meski rasanya mungkin kurang disukai anak namun memiliki manfaat sehat lho, Bunda. Salah satunya tinggi serat sehingga baik bagi pencernaan anak.

2. Lauk-pauk

Selain makanan pokok sebagai sumber karbohidrat, anak juga membutuhkan asupan protein. Nah, nutrisi ini bisa didapat dari lauk-pauk. Ada dua jenis protein yakni hewani dan nabati, yang kandungan gizinya sama-sama dibutuhkan anak.

Sumber protein hewani misalnya daging sapi, daging ayam dan ikan. Sementara itu, sumber protein nabati misalnya tempe dan tahu.

Bunda juga bisa memberikan menu sumber protein lainnya seperti telur. Selain enak, telur juga bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan.

3. Sayur-sayuran

Untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, Bunda bisa memberikan sayuran pada anak. Berbagai jenis sayuran pun bisa dipilih karena variannya sangat banyak. Jangan lupa sesuaikan dengan menu favorit anak.

Sayur biasanya menjadi salah satu menu makanan yang kurang disukai anak, karena rasanya yang dianggap kurang enak. Hal ini pun bisa menjadi tantangan bagi Bunda untuk bisa mengolahnya menjadi menu yang menarik bagi anak.

Salah satu trik yang bisa Bunda coba yakni menghias dan membentuk sayuran menjadi gambar yang lucu. Manfaatkan warna-warni sayur untuk proses ini, misalnya jingga pada wortel atau hijau pada brokoli.

Beberapa jenis sayuran lain yang bisa Bunda olah untuk anak misalnya bayam, kubis, dan labu.

Adapun untuk pedoman gizi seimbang bisa Bunda lihat di halaman berikutnya ya.

Simak juga tips menyusun menu makanan untuk mencegah anak kurang gizi dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



Pedoman Gizi Seimbang
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!