sign up SIGN UP search


parenting

3 Tips Memilih Jenis Roti yang Sehat untuk Camilan Anak

Annisa Karnesyia Sabtu, 06 Feb 2021 15:22 WIB
Anak makan caption
Jakarta -

Si Kecil hobi makan roti, Bunda? Roti bisa menjadi makanan camilan atau menu sarapan yang mengenyangkan lho.

Konsumsi roti bisa berdampak positif untuk kesehatan anak. Apalagi, jika roti tersebut mengandung nutrisi, serat, dan protein.

Sayangnya, banyak roti yang dijual di pasaran mengandung bahan yang berbahaya untuk kesehatan. Ahli nutrisi Megan Ware, RDN, L.D., menjelaskan bahwa banyak jenis roti mengandung gula tambahan atau pengganti.


"Orang-orang harus menghindari makanan dengan bahan corn syrup atau yang mengandung bahan yang diakhiri dengan kata '-ose', karena ini semua adalah gula. Contohnya, sukrosa, glukosa, dan fruktosa," ujar Ware, mengutip Medical News Today.

Memberikan roti sebagai menu makan atau camilan pada anak memang diperhatikan ya. Tidak semua roti baik untuk kesehatan, terlebih jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Beberapa roti mengandung tinggi karbohidrat, dan rendah mikronutrien. Kandungan gluten dalam roti juga bisa menyebabkan masalah kesehatan bagi beberapa orang.

Bunda perlu tahu, gluten bisa menimbulkan alergen. National Health Service (NHS) Inggris menyatakan, roti bisa mulai diberikan pada anak sejak usia 6 bulan, namun dalam jumlah kecil untuk melihat reaksi alergen.

Roti yang baik untuk kesehatan sudah mulai banyak diproduksi, Bunda. Beberapa di antaranya bisa diberikan pada anak yang usianya sudah lebih besar. Terutama pada anak yang picky eater atau pemilih.

Dalam mencari jenis roti yang baik untuk si kecil, ada beberapa hal yang Bunda perlu tahu. Apa saja? Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga penjelasan dokter tentang nutrisi bagi anak yang susah makan, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Cha Eun Woo
Tips Memilih Jenis Roti yang Sehat untuk Camilan Anak
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi