sign up SIGN UP search


parenting

Bunda Perlu Tahu, Ini Cara Merawat Bayi Baru Lahir yang Tepat

Rahmi Sarifa Selasa, 23 Feb 2021 10:55 WIB
CARA MERAWAT BAYI BARU LAHIR
Ada informasi mengenai berapa lama bayi tidur, bagaimana merawat tali pusat, memandikan bayi, pakaian bayi sampai cara membersihkan kemaluan bayi yang benar caption

Pakaian untuk Dikenakan

Sebenarnya yang hanya diperlukan oleh Si Kecil adalah popok, topi (jika dirasa udara agak dingin), selimut yang tidak berbulu, serta atasan dan bawahan saja. Gurita tidak perlu dikenakan ya, Bun, Sarung tangan dan sarung kaki pun tidak dianjurkan Kemudian tidak dianjurkan juga untuk membedong Si Kecil terlalu kuat.

Membersihkan Popok dan Kemaluan

Banyak Bunda yang takut menggantikan popok karena tidak tega untuk menggeser/mengangkat tubuh bayi. Untuk mengatasinya, Bunda memang butuh keberanian dan bersikap tenang. Tidak sulit, lho, Bun. Bunda juga harus rajin mengecek popoknya secara berkala. Jangan biarkan sampai terlalu basah karena jika lembap bisa menimbulkan ruam.

Untuk membersihkan, Bunda bisa lap dari bagian depan ke belakang dengan menggunakan kapas yang sudah dibasahi air bersih ataupun handuk basah yang lembut. Jangan membersihkan dari bagian anus ke kemaluan karena hal ini dapat membawa berbagai macam bakteri atau kuman yang tidak aman untuk organ intim Si Kecil. Setelah dibersihkan dan sebelum kembali memakai popok, pastikan kulit Si Kecil sudah kering, ya.


Jaga Kebersihan Mata, Hidung, dan Telinga

Untuk membersihkan area mata Si Kecil adalah dengan cara membersihkannya menggunakan kapas yang dibasahi air hangat. Sapu perlahan dari arah hidung ke luar. Beberapa bayi baru lahir yang warna matanya masih keruh kekuningan, tapi itu tidak masalah ya, Bunda. Bunda tidak perlu meneteskan apapun untuk membuatnya terlihat lebih jernih, sebab seiring berjalannya waktu mata Si Kecil akan terlihat jernih.

Untuk bagian telinga, Bunda tidak perlu membersihkan dengan cara mengorek liang telinga karena kotoran tersebut akan keluar dengan sendirinya ketika kotoran ini sudah cukup besar dan lunak saat Si Kecil menangis. Hindari penggunaan cotton bud dan baby oil untuk membersihkan telinganya karena bisa memicu infeksi.

Untuk membersihkan lubang hidung Si Kecil, tidak perlu dibersihkan secara khusus. Cukup mengelapnya saat mandi. 

(fia/fia)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi