sign up SIGN UP search


parenting

Tak Banyak yang Tahu, 7 Fakta Unik tentang Bayi Baru Lahir

Annisa Karnesyia Rabu, 24 Feb 2021 15:52 WIB
Bayi Baru Lahir caption
Jakarta -

Merawat bayi baru lahir tentu enggak mudah ya. Apalagi, jika Ayah dan Bunda adalah orang tua baru.

Bayi baru lahir terbilang unik dan berbeda dengan anak-anak. Banyak fakta menarik tentang bayi baru lahir yang tak pernah diketahui orang tua baru.

Tak sedikit fakta ini membuat mereka khawatir dan was was. Menurut pakar parenting Dr.Howard Chilton, orang tua baru perlu mengedepankan insting mereka terkait bayinya, misalnya saat mereka menangis.


"Membiarkan bayi menangis dengan sengaja, sama saja mengabaikannya," ujar Chilton, dilansir Essential Baby.

Nah, buat Ayah dan Bunda yang baru jadi orang tua, simak yuk fakta unik tentang bayi baru lahir seperti dikutip dari berbagai sumber berikut ini:

Banner Resep Telur

1. Bayi baru lahir bisa berenang

Bayi terlahir secara alami dapat menahan napas saat berada di bawah air lho, Bunda. Mereka bahkan memiliki refleks untuk memercikkan air dengan tangan dan kakinya.

Meski begitu, orang tua enggak boleh sembarangan membiarkan bayi berenang. Tunggulah sampai usianya dua bulan dan kondisinya sehat.

2. Kotoran pertama bayi tidak berbau

Kotoran pertama bayi dikenal dengan nama meconium yang bentuknya lengket, tebal, dan berwarna hijau tua. Kotoran ini tidak berbau kerana hanya terbentuk dari sel, protein, lemak, dan sekresi usus.

Bayi umumnya mengeluarkan meconium dalam beberapa jam dan hari pertama setelah lahir. Namun, beberapa bayi mungkin akan mengeluarkannya saat masih di dalam rahim ibu.

3. Menangis tanpa air mata

Bayi mulai menangis sekitar usia 2-3 minggu, Bunda. Namun, air mata bayi tidak akan keluar sampai mereka berusia sekitar satu bulan dan akan menangis tanpa alasan.

Puncak 'waktu menangis' bayi ini terjadi sekitar usia 6-8 minggu. Setelah usia tiga bulan, kondisi ini biasanya akan berakhir.

Untuk tahu fakta lainnya, baca halaman berikutnya:

Simak juga tips mencari kado untuk bayi baru lahir, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

FAKTA UNIK BAYI BARU LAHIR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi