sign up SIGN UP search


parenting

Bunda, Ini Alasan Bayi Baru Lahir Tidak Perlu Minum Air Putih

Rahmi Sarifa Senin, 01 Mar 2021 17:55 WIB
BAHAYA BAYI BARU LAHIR MINUM AIR PUTIH
Mother give baby water from baby bottle, baby likes it caption

Memberi Si Kecil air putih di usia kurang dari 6 bulan, apalagi dalam jumlah air cukup banyak dalam satu waktu dapat menyebabkan hiponatremia, bahkan pembengkakan otak hingga risiko kematian. Bahkan, karena otak masih berkembang juga, pembengkakan dapat terjadi lebih mudah pada Si Kecil dibanding orang dewasa.

Jika Bunda ingin memperkenalkan Si Kecil dengan kolam renang, pastikan Bunda melakukannya dengan aman dan penuh pengawasan agar si Kecil tidak menelan air kolam renang.

Tindakan lain yang tidak berbahaya yang dapat menyebabkan masalah adalah menipiskan formula atau ASI seperti mencampur banyak air ke dalam susu bubuk formula Si Kecil dengan suhu yang panas. Tetapi hal ini disarankan jangan dilakukan karena dapat menghilangkan nutrisi pada Si Kecil dan juga dapat menyebabkan Si Kecil mendapatkan lebih banyak air daripada yang dapat ditangani ginjal Si Kecil.


Susu formula dan ASI kaya kalori, mereka tinggal di dalam tubuh lebih lama tanpa membebani ginjal. Sebagai efek samping yang bagus, tinggal di dalam tubuh lebih lama juga berarti mereka pandai menjaga si kecil tetap terhidrasi tanpa memerlukan air ekstra.

Sebagian besar bayi akan melihat air putih sebagai semacam hal yang baru pada usia 6 bulan dan Si Kecil lebih menyukai susu daripada air putih. Pada usia 1 tahun, Si Kecil dapat memiliki air dalam jumlah yang lebih besar seperti yang mereka inginkan, bersama dengan susu sapi dan zat bergizi lainnya.

Apabila memiliki kekhawatiran tentang hidrasi Si Kecil atau kesiapan mereka untuk air, lebih baik Bunda konsultasikan kepada dokter ya, Bun. Selain itu, jika Si Kecil menunjukkan tanda-tanda keracunan air seperti muntah, kejang, tremor, dan muntah-muntah, segera pergilah ke rumah sakit.

(fia/fia)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!