sign up SIGN UP search


parenting

Penyebab Bayi Kuning dan Cara Merawatnya di Rumah

Nanie Wardhani   |   Haibunda Jumat, 05 Mar 2021 08:52 WIB
TERAPI RUMAHAN UNTUK ATASI BAYI KUNING
Penyakit bayi kuning biasa terjadi pada bayi baru lahir dan biasanya tidak berbahaya, karena fungsi hati bayi yang belum bekerja sempurna. caption

Untuk mengurangi jumlah bilirubin pada bayi, Bunda bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Lebih Sering Disusui

Jika bayi kuning setelah pulang ke rumah, salah satu usaha yang bisa Bunda lakukan adalah lebih sering menyusui bayi Bunda daripada biasanya. Dengan menyusui lebih sering, maka bilirubin akan lebih cepat ikut terbawa keluar bersama feses dan air seni bayi. Biasanya bayi kuning akan lebih banyak tidur daripada bayi yang tidak mengidap penyakit ini, karena itu bangunkanlah bayi jika sudah tiba waktunya menyusu.

Untuk menunjang kebutuhan bayi dalam kondisi seperti ini, pastikan Bunda mengonsumsi makanan yang sehat ya, Bunda. Dengan makanan yang sehat dan bergizi seimbang, kualitas ASI Bunda juga akan lebih baik dan memenuhi kebutuhan kesehatan sang buah hati.


2. Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Salah satu terapi rumahan alami yang bisa diterapkan pada bayi kuning adalah berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi, Bun. Sinar matahari yang bagus untuk kesehatan dan penyerapan vitamin D adalah sinar matahari sebelum pukul 8 pagi. Sinar matahari yang diterima oleh bayi Bunda ini akan membantu menurunkan jumlah bilirubin dalam darah bayi Bunda.

3. Lebih Sering Melakukan Pijat Bayi

Sebuah penelitian menunjukkan fakta bahwa bayi yang lebih sering dipijat dengan lembut akan memiliki sistem pencernaan dan buang air besar yang lancar dan lebih baik. Karena itu, rutin memijat bayi Bunda akan membantu mempercepat proses penyembuhannya, karena dengan pencernaan yang sehat dan lancar, maka akan lebih sering juga bilirubin dibawa keluar melalui feses.

Demikian tiga cara yang bisa Bunda lakukan di rumah untuk mengatasi bayi kuning, dikutip dari parents.firstcry.com. Jika semua usaha di atas sudah dilakukan, namun tingkat bilirubin bayi Bunda masih belum menurun juga setelah lewat dari seminggu, maka baiknya segera dibawa ke dokter ya, Bunda.

(fia/fia)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!