sign up SIGN UP search


parenting

7 Pilihan Makanan Ini Cocok Dijadikan Finger Food MPASI, Bunda Perlu Tahu

Rahmi Sarifa Minggu, 28 Mar 2021 15:43 WIB
Ilustrasi MPASI caption

Semenjak Si Kecil menunjukkan tanda siap MPASI di usia 6 bulan, Bunda bisa memberinya berbagai jenis makanan yang sesuai dengan panduan gizi seimbang dalam tiap porsinya. Tentunya, menu-menu untuk Si Kecil akan terus disesuaikan teksturnya dengan kemampuan tubuhnya mencerna makanan.

Di awal MPASI 6 bulan, Bunda bisa memberinya bubur halus dengan konsistensi cukup kental. Seiring bertambahnya usia, ia bisa diberikan bubur dengan tekstur kasar. Nah, di usia 8 bulan saat ia mulai bisa makan nasi tim, Bunda bisa mulai memberikannya finger food. 

Finger food adalah makanan solid dengan ukuran sesuai dengan genggaman bayi. Tujuan diberikannya finger food adalah agar ia dapat berlatih makan sendiri serta menstimulasi motorik halusnya. Namun, selain ukuran, Bunda juga harus perhatikan teksturnya agar aman saat tertelan Si Kecil.


Untuk jenis makanan apa saja yang cocok dijadikan finger food MPASI, Bunda bisa simak di bawah ini:

Banner Susuk Suami

1. Buah-buahan. Bunda dapat memberikan irisan buah yang memiliki tekstur yang lunak seperti buah pisang, mangga, pepaya, melon, semangka, dan kiwi.

2. Sayuran. Untuk memberikan sayuran kepada Si Kecil, rebus atau kukus terlebih dahulu sampai melunak sehingga mudah dikonsumsi oleh Si kecil. Sayuran yang dapat direbus yang bisa Bunda berikan antara lain: kembang kol, baby corn, wortel, dan labu dengan diberikan sedikit garam agar rasanya tidak hambar.

3. Umbi-umbian. Bunda bisa juga memberikan umbi-umbian seperti kentang atau ubi jalar, namun tetap dalam keadaan matang sempurna ya, Bun.

4. Sayuran mentah. Beberapa jenis sayuran seperti tomat dan ketimun bisa Bunda berikan sebagai finger food dalam keadaan mentah. Namun, tetap pastikan sayuran tersebut bersih agar aman untuk Si Kecil ya!

Untuk melanjutkan membaca, klik BACA HALAMAN BERIKUTNYA.

Nah, apakah MPASI bisa dikasih sushi? Simak resep dan penjelasannya dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

SNACK BAYI, TELUR, GORENGAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi