sign up SIGN UP search


parenting

5 Tips Memenuhi Nutrisi Anak Puasa dari Makan Sahur

Annisa Karnesyia Sabtu, 03 Apr 2021 17:44 WIB
Anak makan caption
Jakarta -

Si Kecil sudah mulai belajar puasa Ramadhan tahun ini, Bunda? Jangan lupa untuk penuhi asupan nutrisi dan gizinya ya.

Pemenuhan nutrisi anak puasa berbeda dengan orang dewasa. Pendekatan untuk mengenalkan mereka makanan bergizi bisa sedikit lebih sulit, terutama di waktu sahur.

Menurut dokter anak dari RSU Bunda Jakarta, Abdullah Reza, SpA, Bunda bisa memenuhi asupan nutrisi di waktu sahur dengan porsi makan sesuai kebutuhan anak. Abdullah menekankan prinsip 'SAHUR' untuk pemenuhan nutrisi ini.


Banner Rumput Fatimah

"Dari kata 'SAHUR' ada makna, yaitu Seimbang, Air, Habiskan, Utamakan, dan Rasa," ujarnya dalam Live Instagram HaiBunda, beberapa waktu lalu.

Berikut penjelasan 'SAHUR' untuk memenuhi gizi anak puasa, menurut dokter Abdullah:

1. Seimbang

Seimbang artinya Bunda perlu memenuhi zat-zat gizi yang dibutuhkan anak puasa Ramadhan ya. Kandungan gizi ini berupa karbohidrat, protein, lemak, dan serat.

"Sumber protein biasanya juga mengandung lemak, contohnya daging. Sumber karbohidrat bukan hanya nasi tapi bisa kentang, ubi, singkong, atau pasta," ujar Abdullah.

Perbandingan karbohidrat dan protein adalah 2:1, Bunda. Meski besar, Bunda tidak boleh hanya memberikan karbohidrat tanpa protein ya.

"Tapi jangan karbohidrat saja, karena hanya gula, jadi cepat naik dan cepat juga hilangnya. Maksudnya, lebih cepat kosong di lambung. Sementara, protein dan lemak ini lebih lama mengisi lambung. Pada akhirnya, ini digunakan sebagai sumber untuk membentuk gula," katanya.

Selain nutrisi tersebut, penuhi juga kebutuhan serat si Kecil dari makanan. Serat dapat berfungsi menahan air di saluran pencernaan serta untuk volume lambung, jadi lebih lama laparnya.

Baca halaman berikutnya untuk penjelasan lengkap ya, Bunda.

Simak juga cara membuat anak mau makan tanpa gadget, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

PENUHI KEBUTUHAN CAIRAN ANAK SAAT SAHUR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!