sign up SIGN UP search


parenting

Agar Anak Tak Merasa Anti-sosial & Dijauhi Teman Seperti Safeea Ahmad Putri Mulan Jameela

Mutiara Putri   |   Haibunda Kamis, 08 Apr 2021 17:12 WIB
CARA MENCEGAH ANTISOSIAL PADA ANAK
Sad little child, boy, hugging his mother at home, isolated image, copy space. Family concept caption

Dalam masa tumbuh kembangnya, anak-anak akan mengalami perubahan perilaku baik negatif atau pun positif, Bunda. Salah satu perilaku negatif yang bisa terjadi adalah perilaku antisosial.

Agar anak tak memiliki perilaku antisosial, ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk mencegahnya, nih. Dilansir laman Healthline, berikut adalah caranya.

1. Pencegahan primer

Biasanya pada tahap ini akan melibatkan anak dalam kegiatannya di sekolah, Bunda. Bunda perlu mengajarkan anak tentang resolusi konflik, mengatur kemarahan, dan literasi emosional.


2. Pencegahan sekunder

Pada tahap ini, anak yang memiliki kecenderungan antisosial akan dilibatkan dalam kegiatan individual, Bunda. Kegiatan ini termasuk dalam bimbingan khusus, kelompok kecil pelajaran keterampilan sosial, dan konseling.

3. Pencegahan tersier (pengobatan)

Langkah selanjutnya adalah melanjutkan ke tahap konseling yang lebih intensif. Tahap ini akan melibatkan anak yang antisosial dan anak dengan kenakalan kronis dan agresi.

Pusat konseling biasanya akan menyarankan agar keluarga, konselor, guru, dan pihak lain yang terlibat, untuk mengoordinasikan upaya untuk memperlakukan anak-anak dengan perilaku antisosial.

(mua/mua)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!