HaiBunda

PARENTING

Bahaya Gula Tambahan pada Anak, Bisa Sebabkan Penyakit Perlemakan Hati

Annisa Karnesyia   |   HaiBunda

Jumat, 16 Apr 2021 16:15 WIB
Bahaya Gula Tambahan pada Anak, Bisa Sebabkan Penyakit Perlemakan Hati/ Foto: iStock
Jakarta -

Konsumsi gula berlebihan memang tidak baik untuk anak-anak ya, Bunda. Selain bisa memicu penyakit diabetes pada anak, gula tambahan ternyata bisa sebabkan perlemakan hati lho.

Menurut tinjauan studi baru-baru ini, makan gula tambahan dalam bentuk fruktosa dalam jumlah besar dikaitkan dengan perlemakan hati atau fatty liver disease pada anak-anak. Fruktosa jenis gula yang ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, dan madu.

Sementara itu, fruktosa tinggi gampang ditemukan dalam produk sirup jagung, pemanis buatan yang ada di minuman bersoda, buah-buahan di kaleng, serta makanan yang diawetkan dalam penutup kemasan.


"Studi ini bisa menjadi bukti tambahan yang mendukung pembatasan gula tambahan dalam makanan anak-anak," kata ahli nutrisi Sarah Anzlovar, MS, RDN, LDN, dikutip dari Very Well Health.

Banner Anak Oki Setiana Dewi/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Menurut Anzlovar, konsumsi gula yang berlebihan terus dikaitkan degan kesehatan buruk pada anak-anak dan dewasa. Penelitian terbaru ini dapat menunjukkan hubungan antara gula tambahan dan perlemakan hati non-alkohol atau non-alcoholic fatty liver disease (NAFLD) pada anak-anak, Bunda.

"NAFLD adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh kelebihan lemak di hati. Selain faktor genetik, obesitas bisa meningkatkan risiko seseorang mengembangkan kondisi ini," ujar ahli nutrisi Lauren Manaker MS, RDN, LD, CLEC.

Untuk mengevaluasi hubungan antara asupan gula dan NAFLD, para peneliti meninjau lebih dari 20 studi terkait topik tersebut. Hasil studi yang dipublikasikan di jurnal Pediatric Obesity ini menunjukkan bahwa terlalu banyak asupan gula dapat dikaitkan dengan NAFLD pada anak-anak.

Namun, ukuran sampel yang digunakan memang relatif kecil. Beberapa penelitian juga tidak terkontrol dan dipilih acak, sehingga membutuhkan lebih banyak data.

Meski demikian, Bunda memang perlu waspada memberikan asupan gula tambahan pada si Kecil ya. Lalu berapa takaran gula yang tepat untuk anak-anak dalam satu hari? Bagaimana pula cara mengurangi risiko NAFLD yang jadi masalah kesehatan anak?

Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga penyebab dan tips mengatasi GTM, dalam video berikut:

(ank/som)
TAKARAN GULA YANG TEPAT UNTUK ANAK

TAKARAN GULA YANG TEPAT UNTUK ANAK

Halaman Selanjutnya

Simak video di bawah ini, Bun:

Bunda, Yuk Intip Cara Anissa Aziza Atasi Sembelit pada Anak

TOPIK TERKAIT

ARTIKEL TERKAIT

TERPOPULER

Gen Z Kini Makin Jarang Posting di Medsos, Ternyata Ini Alasannya

Mom's Life Amira Salsabila

Potret Terbaru Zahra Mariam Bolkiah Anak Pangeran Mateen, Wajah Menggemaskan Curi Perhatian

Parenting Annisa Karnesyia

Dea Annisa Tampil Cantik Berhijab saat Honeymoon usai Nikah

Mom's Life Amira Salsabila

Apa Itu COVID-19 PQ.16.1.1, Varian Baru yang Dipantau WHO

Mom's Life Amira Salsabila

Nyeri Punggung dan Panggul saat Hamil, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kehamilan Annisa Karnesyia

REKOMENDASI
PRODUK

TERBARU DARI HAIBUNDA

Gen Z Kini Makin Jarang Posting di Medsos, Ternyata Ini Alasannya

Nyeri Punggung dan Panggul saat Hamil, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Potret Terbaru Zahra Mariam Bolkiah Anak Pangeran Mateen, Wajah Menggemaskan Curi Perhatian

Apa Itu COVID-19 PQ.16.1.1, Varian Baru yang Dipantau WHO

Dea Annisa Tampil Cantik Berhijab saat Honeymoon usai Nikah

FOTO

VIDEO

DETIK NETWORK