sign up SIGN UP search


parenting

9 Tips Memasak Sayuran untuk Menu MPASI Bayi

Annisa Karnesyia Selasa, 20 Apr 2021 10:19 WIB
MPASI caption
Jakarta -

Memasuki usia 6 bulan, bayi sudah bisa dikenalkan sayuran dalam menu makanan pendamping ASI (MPASI). Sayuran mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tumbuh kembang si Kecil, Bunda.

Menurut Menurut Badan PBB untuk Anak-anak (UNICEF), porsi makan bayi memang tidak sebanyak orang dewasa. Namun, mereka tetap membutuhkan energi dan kebutuhan dari makanan untuk pertumbuhannya.

"Makanan seperti sayuran yang ditumbuk (mashed), daging cincang, telur, atau ikan, harus ditambahkan ke dalam makanan anak sesering mungkin," tulis UNICEF, dikutip dari laman resminya.


Banner Anak Oki Setiana Dewi

Banyak jenis sayuran yang bisa diberikan ke bayi dalam menu MPASI. Beberapa di antaranya adalah brokoli, buncis, wortel, bayam, dan labu kuning atau siam.

Selain sayuran, Bunda bisa mengenalkan protein hewani dan nabati sejak usia 6 bulan ya. Penyajian makanan harus tepat dan higienis agar tidak terpapar bakteri dan kuman.

"Kuman baik dalam bentuk jamur, spora, maupun bakteri, dapat menyebabkan penyakit serius pada anak di semua usia, terutama bayi dan balita," tulis kata Tika Yulistiyana Sari, A.Md, Keb, dalam buku Variasi Menu MPASI.

"Kadang kita tidak mengetahui apakah makanan sudah terkontaminasi hanya dengan mengamati bau, rasa, dan bentuknya," sambungnya.

Aturan menjaga kebersihan bukan cuma soal memilih sayuran sebagai bahan MPASI. Selama proses persiapan hingga penyajiannya, Bunda perlu memperhatikan kebersihan.

Untuk menghindari kontaminasi, sebaiknya pilih jenis sayuran organik untuk MPASI ya. Sayuran juga harus segar karena nutrisinya masih belum hilang.

Lalu bagaimana cara untuk meminimalkan hilangnya nutrisi dari sayuran selama proses memasak MPASI? Baca halaman berikutnya untuk tahu tips memasak sayuran ya, Bunda.

Simak juga pilihan ikan pengganti salmon untuk MPASI, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

CUCI BERSIH SEBELUM MEMASAK SAYURAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi