sign up SIGN UP search


parenting

Bayi Sembelit Saat Pertama MPASI, Sebenarnya Normal Enggak Sih Bun?

Annisa Karnesyia Senin, 26 Apr 2021 18:06 WIB
MPASI caption
Jakarta -

Makanan pendamping ASI (MPASI) sudah dapat diberikan saat anak berusia 6 bulan. Pemberiannya perlu dilakukan secara bertahap dan menyesuaikan usia si Kecil ya, Bunda.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), MPASI merupakan masa peralihan bayi dari menyusu ASI ke makanan keluarga. MPASI dapat dimulai ketika ASI sudah tidak lagi mencukupi kebutuhan gizi bayi.

"MPASI biasanya berlangsung dari usia 6 sampai 24 bulan, meskipun menyusui masih dapat berlanjut sampai usia anak dua tahun. Ini menjadi masa kritis pertumbuhan anak di mana kekurangan gizi banyak terjadi secara global di antara anak-anak di bawah usia lima tahun," demikian kata WHO.


MPASI pertama bayi bisa diberikan dengan tekstur puree atau saring. Banyaknya MPASI yang diberikan pertama kali adalah tiga sendok makan hingga setengah mangkuk berukuran 250 ml.

Banner Gadis Depok Nikahi Bule Belanda

Memberikan MPASI pertama pada bayi memang enggak mudah, Bunda. Bayi bisa menolak karena belum terbiasa lepas dari menyusu.

MPASI pertama juga bisa menyebabkan bayi sembelit lho. Mitosnya, hal ini disebabkan karena bayi belum siap menerima makanan padat. Benar enggak ya, Bunda?

Menurut dokter spesialis anak dr. Meta Hanindita, Sp.A.(K), sembelit atau konstipasi adalah kesulitan buang air besar karena kotorannya keras atau nyeri. Meski begitu, kondisi ini tidak bisa langsung didiagnosis sebagai konstipasi.

Bayi yang baru pertama kali MPASI memang bisa mengalami sembelit. Tapi, penyebabnya bisa karena usus mereka baru beradaptasi dengan tekstur MPASI. Jadi, bukan karena anak belum siap makan.

"Pada bayi yang baru mulai adaptasi, sembelit sangat wajar karena ususnya baru beradaptasi dari makanan cair ke padat, bukannya tidak siap menerima makanan padat," kata Meta, dalam buku Mommyclopedia 567 Fakta Tentang MPASI.

Penanganan sembelit pada bayi MPASI tak seperti pada orang dewasa. Misalnya, dapat sembuh dengan diberikan makanan berserat tinggi. Kenapa ya, Bunda?

Baca halaman berikutnya yuk.

Simak juga pilihan ikan pengganti salmon untuk menu MPASI Si Kecil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

DAMPAK BAYI KONSUMSI MAKANAN SERAT TINGGI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi