sign up SIGN UP search


parenting

4 Manfaat Daun Sirih, Salah Satunya Bisa Sembuhkan Luka Lho

Nanie Wardhani Rabu, 02 Jun 2021 20:20 WIB
Betel Essential oil in bottle and green leaf on wooden table. Betel is a vine that has the heart shaped leaves. caption

Jakarta - Saat anak sakit, tentunya membuat orang tua cemas ya, Bunda. Tapi, kalau harus memberikan obat pada anak ada kegalauan tersendiri kan. Takutnya, anak-anak akan mudah tergantung dengan pemberian obat tersebut.

Dalam kondisi ini, solusi yang bisa dicoba adalah degan memberikan obat-obat alami. Bunda bisa mencoba daun sirih untuk berbagai penyembuhan penyakit lho. 

Bunda tentu sudah tidak asing lagi dengan daun sirih dan manfaatnya yang begitu beragam kan? Dilansir detikcom, ada berbagai manfaat daun sirih yang bisa Bunda dapatkan untuk kesehatan. Beberapa manfaat daun sirih yang bisa Bunda dapatkan diantaranya adalah:


1. Meningkatkan Kesehatan Gigi

Rebus daun sirih dan kemudian jadikan air rebusannya sebagai obat kumur. Dengan cara ini, daun sirih dapat mencegah infeksi yang terjadi di dalam rongga mulut, sehingga dapat sekaligus meningkatkan kesehatan gigi juga, Bunda.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Daun sirih mengandung polifenol yang memiliki sifat antioksidan meningkatkan aktivitas enzim yang mempercepat proses penyembuhan luka. Wah, pas banget kalau Si Kecil sering jatuh dan terluka.

3. Mengurangi Batuk

Pada anak yang sudah agak besar bisa mencoba jus daun sirih, kemudian diminum secara berkala, untuk membantu mengeluarkan dahak saat batuk. Selain itu, bisa juga merendam daun sirih dalam minyak zaitun, lalu oleskan di dada untuk mengurangi hidung tersumbat.

4. Membantu Mengelola Diabetes

Pada orang yang mengalami masalah dengan kandungan gula dalam darah? Mengonsumsi daun sirih merah adalah salah satu pilihan pengobatan yang bisa dicoba nih, Bunda. Hal ini karena daun sirih merah bisa menurunkan kadar glukosa dalam darah.

Selain itu, daun sirih merah juga mengandung molekul aktif yang disebut dengan tanin, yang memiliki karakter sifat anti diabetes.

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Jadi, alkaloid yang terkandung dalam daun sirih bekerja menurunkan kadar glukosa darah dengan cara menghambat penyerapan glukosa di usus.

Selain itu, daun sirih juga mengandung beragam polifenol yang memiliki potensi antioksidan yang sangat baik. Molekul-molekul ini bisa melindungi sel-sel pankreas dari kerusakan radikal bebas. 

Tak hanya untuk pengobatan anak, karena ternyata daun sirih banyak manfaat untuk ibu hamil lho. Simak lengkapnya di halaman berikut ya.

Simak juga yuk Bunda, pertolongan pertama pada anak mimisan seperti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



MENGONSUMSI DAUN SIRIH SAAT HAMIL, APAKAH AMAN?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi