sign up SIGN UP search


parenting

3 Gejala Utama Anak Terkena Asma & Perawatan yang Bisa Dilakukan di Rumah

Nanie Wardhani Sabtu, 22 May 2021 18:01 WIB
An ethnic girl with asthma is at a doctor's appointment. She is seated next to her African American doctor. The child is using a puffer. The doctor is watching and advising how to use the device properly. caption

Jakarta - Penyakit asma bisa dibilang merupakan salah satu penyakit kronis yang paling umum terjadi pada anak-anak. Biasanya seorang anak yang memiliki penyakit asma mendapatkan penyakitnya tersebut secara genetis, atau bisa dibilang turunan dari salah satu orang tuanya.

Namun tidak hanya faktor genetis, seorang anak yang memiliki alergi juga memiliki kemungkinan besar untuk kemudian berkembang menjadi asma. Selain itu, jika seorang anak terlalu sering mengalami infeksi saluran pernapasan, maka akan lebih besar pula kemungkinan berkembang menjadi penyakit asma. 

Lalu kira-kira apa saja ya Bunda, ciri-ciri penyakit asma pada anak? Dikutip dari Parents, berikut beberapa ciri-ciri atau gejala yang sering timbul pada anak yang mengidap asma. Anak yang alami penyakit biasanya mengidap minimal salah satu dari tiga kondisi ini:


1. Sangat Sering Batuk

Selain sering, kadang batuk yang terjadi juga sangat mengganggu dan terdengar mengerikan. Terkadang anak batuk dengan suara yang sangat keras, bahkan sebuah polling dari Yayasan Asma dan Alergi Amerika menunjukkan fakta bahwa 45 persen anak-anak yang menderita asma sering terbangun dari tidur karena batuk yang menyerangnya saat tidur di malam hari. Selain itu, kadang batuk ini juga berlangsung cukup lama, bisa berminggu-minggu.

Banner Penyakit AinBanner Penyakit Ain/ Foto: HaiBunda

2. Sering Disertai Dengan Bersin

Anak yang mengidap asma sering sekali bersin, salah satunya di akhir dari rangkaian batuk yang dialaminya. Kadang bersin ini juga berbunyi sangat kencang dan mengagetkan. Tapi tidak jarang juga bersinnya sangat pelan hingga hampir tidak terdengar.

3. Napas Pendek

Anak-anak yang lebih besar biasanya menggambarkan napas pendek ini dengan perasaan seperti dada yang tersekat. Sementara pada bayi, akan terlihat pada ritme napasnya yang terengah-engah. Bunda bisa lihat dari caranya bernapas dan perutnya yang bergerak naik dan turun dengan sangat cepat.

Gejala atau ciri dari asma pada anak  bisa sesekali muncul dengan sangat parah. Saat kambuh, beberapa anak yang mengidap asma kadang sampai harus dibawa ke IGD agar dapat bernapas dengan lega. Namun tidak hanya tingkat keparahan saat asma kambuh, tapi seberapa sering kambuhnya gejala-gejala ini juga bisa mencirikan anak Bunda mengidap asma.

Demikian beberapa ciri dari penyakit asma pada anak. Untuk mengetahui perawatan apa saja yang bisa dilakukan untuk anak yang mengidap asma, bisa Bunda simak di halaman berikut, ya.

Simak yuk 4 obat alami untuk atasi batuk dan pilek seperti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



PERAWATAN YANG BISA DILAKUKAN UNTUK PENYAKIT ASMA PADA ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi