sign up SIGN UP search


parenting

10 Makanan Tinggi Zat Besi Untuk Anak, Telur hingga Tahu

Nanie Wardhani Kamis, 27 May 2021 16:29 WIB
mother with children preparing vegetable salad at home caption

Jakarta - Zat besi menjadi salah satu komponen nutrisi yang berperan sangat penting dalam proses tumbuh kembang Si Kecil. Zat besi dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi hemoglobin, yaitu protein dalam sel darah merah yang menunjang darah membawa oksigen ke seluruh bagian sel di dalam tubuh manusia.

Beberapa peran penting zat besi diantaranya adalah menyuplai oksigen dalam tubuh, menunjang metabolisme otot, memelihara jaringan penghubung dalam tubuh, menunjang pertumbuhan fisik, menunjang pembentukan sistem syaraf, memaksimalkan fungsi sel, serta memproduksi beberapa jenis hormon.

Bayi yang menerima ASI eksklusif biasanya akan mendapatkan asupan zat besi dari ASI ibunya. Sementara bayi non-ASI akan mendapatkannya dari susu formula yang diminumnya. Lalu bagaimana dengan bayi yang mulai makan makanan padat?


Kebutuhan zat besi tentu meningkat seiring dengan bertambahnya usia mereka, karena itu selain dari ASI atau susu yang mereka minum, Bunda juga perlu memberikan asupan makanan yang tinggi zat besi agar dapat memenuhi kebutuhan asupan zat besi sesuai usia mereka. 

lalu apa saja kah makanan yang mengandung zat besi untuk anak? Simak lengkapnya seperti dikutip dari Healthline berikut ini:

Banner YouTuber Tampan SemarangBanner YouTuber Tampan Semarang/ Foto: HaiBunda

1. Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak dari sapi, ayam, dan sebagainya, mengandung kadar zat besi yang tinggi dan yang paling mudah diserap oleh tubuh. Daging sapi, jeroan, terutama bagian hati adalah bagian yang memiliki kandungan zat besi paling tinggi. Dalam 3 ons hati sapi terkandung 5mg zat besi. 

2. Sereal Terfortifikasi

Satu porsi sereal terfortifikasi biasanya mengandung zat besi dalam jumlah yang cukup untuk dikonsumsi sehari-hari. Contohnya dalam satu cangkir oat mengandung 3,5mg zat besi. Bunda bisa menghidangkan sereal dengan buah yang tinggi vitamin C seperti blueberry atau stroberi agar penyerapan zat besinya lebih maksimal.

3. Kacang-kacangan

Ini adalah pilihan tepat bila Si Kecil tidak menyukai daging atau vegetarian. karena beragam jenis kacang-kacangan mengandung zat besi yang cukup tinggi juga. Contohnya dalam setengah cangkir kacang putih mengandung 4mg zat besi. 

4. Sayuran Hijau

Berbagai jenis sayuran berdaun hijau seperti bayam, brokoli dan kale memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Setengah cangkir bayam rebus yang telah ditiriskan mengandung 3mg zat besi. Bunda bisa masukkan sayuran hijau ini pada hidangan berbahan dasar telur seperti telur orak-arik, atau bisa juga sebagai tambahan pada pasta, agar Si Kecil tertarik untuk memakannya.

5. Buah Yang Dikeringkan

Buah yang dikeringkan seperti kismis juga mengandung zat besi yang cukup tinggi. Jadikan kismis sebagai salah satu pilihan cemilan di rumah, Bunda. Selain enak, ternyata kandungan zat besinya juga sangat dibutuhkan oleh Si Kecil.

6. Biji Labu

Biji labu adalah sumber protein, serat, lemak sehat, dan mineral yang baik, termasuk zat besi. Seperempat cangkir biji labu mengandung 2,5 mg zat besi.

7. Telur

Telur adalah sumber protein esensial, vitamin, dan mineral yang baik, termasuk zat besi. Satu telur rebus mengandung 1 mg zat besi. Selama bertahun-tahun, orang berusaha membatasi konsumsi telur karena mengandung kolesterol, yang meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa telur tidak meningkatkan risiko penyakit tersebut.

8. Kacang Polong

Kacang polong mengandung protein, serat, zat besi, dan nutrisi lainnya. Banyak balita menyukainya, mudah disiapkan, dan cocok dengan banyak hidangan. Setengah cangkir kacang polong mengandung 1mg zat besi. Bunda bisa merebus kacang polong dan menyajikannya sebagai pendamping, menumbuknya dengan umbi-umbian untuk bayi, atau menambahkannya ke sup, semur, dan nasi gurih.

9. Ikan Tuna

Tuna kalengan adalah tambahan rendah kalori dan rendah lemak untuk makanan Si Kecil yang juga memasok zat besi dan nutrisi penting lainnya seperti protein dan asam lemak omega-3. Dalam 3 ons tuna kalengan mengandung 1 mg zat besi. Bunda bisa menggabungkan tuna suwir dengan bubur sayuran untuk meningkatkan asupan zat besi balita Bunda.

10. Tahu

Tahu adalah makanan nabati yang ringan dan serbaguna yang menyediakan protein lengkap, kalsium, zat besi, dan nutrisi lainnya. Tahu memberikan beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan Si Kecil jika mereka tidak makan daging. Dalam setengah cangkir tahu mengandung 3 mg zat besi.

Nah setelah mengetahui jenis makanan apa saja yang mengandung zat besi untuk anak, ada baiknya Bunda simak halaman berikutnya untuk pilihan resep yang bisa Bunda coba, nih. Yuk simak halaman berikutnya, Bunda.

Simak yuk manfaat daging sapi untuk pertumbuhan anak dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



RESEP MAKANAN KAYA ZAT BESI: PASTA DENGAN BROKOLI DAN REMIS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi