sign up SIGN UP search


parenting

Mengenal Aturan 'Tunggu 4 Hari' Saat Pemberian MPASI, Bunda Perlu Tahu

Annisa Karnesyia Minggu, 06 Jun 2021 13:15 WIB
MPASI caption
Jakarta -

Pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) pertama itu penting untuk memenuhi asupan nutrisi bayi, Bunda. Hal ini juga mencakup menu makanan yang akan diberikan pada si Kecil.

Para ahli kesehatan merekomendasikan bayi mulai diberi MPASI pertama pada usia 6 bulan. Namun, pada kondisi tertentu atau atas anjuran dokter, bayi di bawah 6 bulan mungkin sudah bisa diberikan MPASI.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), transisi dari pemberian ASI eksklusif menjadi MPASI biasanya dimulai saat bayi memasuki 6 bulan hingga 18 sampai 24 bulan. Selama periode ini, Bunda harus cermat memilih menu MPASI, sebab ini merupakan periode yang sangat rentan untuk bayi.


"Ini adalah masa ketika malnutrisi terjadi pada banyak bayi. Kondisi ini berkontribusi signifikan terhadap tingginya gizi buruk pada anak di bawah lima tahun di seluruh dunia," tulis WHO dalam laman resminya.

Banner Raeni

Bayi pada usia 6 bulan juga secara perkembangan sudah siap untuk menerima makanan lain selain ASI. Jika MPASI tidak diperkenalkan sekitar usia ini atau tidak diberikan secara tepat, maka pertumbuhan bayi bisa terhambat.

Dalam mengenalkan menu MPASI, Bunda perlu mengenal aturan 'tunggu 4 hari'. Aturan ini bisa bermanfaat bila Bunda khawatir anak memiliki alergi makanan atau mengetahui preferensi makan si Kecil.

Dalam buku Variasi MPASI Harian oleh Fera Darmayati, dijelaskan bahwa aturan ini bertujuan untuk melihat reaksi bayi terhadap makanan yang Bunda berikan atau tidak. Jika dalam kurun waktu ini anak mengalami alergi, maka jangan pernah memberikan makanan tersebut di kemudian hari.

"Biasanya reaksi alergi muncul dalam kurun waktu 24 jam setelah makanan dikonsumsi," tulis Fera.

Selain untuk mengidentifikasi alergi, aturan ini juga bisa membuat Bunda tahu apakah anak suka atau bosan dengan menu makan yang diberikan. Jika dia bosan, maka Bunda bisa kenalkan menu MPASI lain.

Dalam 'aturan 4 hari' ini, ada dua hal penting yang perlu Bunda pahami. Penjelasan lengkap bisa dibaca di halaman berikutnya ya.

Simak juga jenis ikan pengganti salmon untuk menu MPASI, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

MEMAHAMI ATURAN 4 HARI DALAM PEMBERIAN MPASI KE BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!