sign up SIGN UP search


parenting

3 Ilmu Parenting untuk New Mom, Nggak Perlu Panik Asuh Si Kecil

Meita Fajriana Jumat, 11 Jun 2021 18:15 WIB
happy family mother playing and hug with newborn baby  in bed caption

Jakarta - Hidup terasa sangat berubah sejak Si Kecil terlahir ke dunia? Tenang, Bunda enggak sendiri nih. Menjadi new mom alias ibu baru memang akan membuat beberapa orang merasa terkejut, bahkan syok atas perubahan kebiasaan saat mengasuh anak yang masih sangat tergantung pada Bunda.

Saat menjadi Ibu, kini Bunda adalah sosok baru yang harus serba bisa karena Si Kecil sangat membutuhkan Bunda. Bunda kini memiliki tanggung jawab untuk kehidupan sang buah hati. Bukan hanya kebutuhan fisik namun juga kebutuhan emosionalnya. Jadi Bunda bisa terus belajar ilmu parenting untuk jadi Bunda yang selalu ada. Tidak perlu sempurna, namun terbaik untuk mereka. 

Bunda bisa mendapatkan ilmu parenting dari banyak sumber mulai dari buku, bertanya pada teman dan kerabat, hingga berkonsultasi pada dokter. Namun satu hal yang tidak kalah penting yaitu belajar dari Si Kecil. Hal ini dapat Bunda lakukan dengan mengandalkan kedekatan dan perasaan Bunda. Karena Bunda adalah ibunya, jadi Bunda tahu yang terbaik untuk Si Kecil. 


Nah, beberapa hal tentang parenting yang harus Bunda tahu sudah Bubun rangkum nih. Bunda penasaran, simak penjelasannya yuk Bunda:

1. Lihatlah diri Bunda sebagai si serba bisa

Bunda kini tidak lagi sama. Sejak menjadi ibu Bunda sudah menjadi manusia yang sangat hebat. Bunda merupakan perempuan super yang diberi keajaiban melahirkan dan menyusui. Jadi percayalah pada diri sendiri, apapun tantangannya Bunda pasti bisa melakukannya. 

2. Lakukan dengan mudah

Kebanyakan Bunda saat ini berpikir bahwa mereka seharusnya sibuk melakukan banyak hal untuk Si Kecil ketika mereka lahir ke dunia. Namun ternyata yang dibutuhkan bayi lebih dari segalanya adalah kehadiran Bunda. 

Bayi hanya butuh dekapan Bunda yang penuh kelembutan membuat mereka merasa aman dan nyaman. Kehadiran dan sentuhan lembut Bunda inilah yang kemudian membantu perkembangan otak bayi selama hidup mereka. Menakjubkan bukan Bunda, jadi lakukanlah dengan mudah dan sesederhana mungkin. Jangan persulit diri Bunda.

"Yang dibutuhkan bayi lebih dari segalanya adalah kehadiran ibu yang dengan sadar dan lembut terhadap dirinya, " kata Dr. Colleen Crowley , Ph.D., MA, LMFT, psikolog anak dan salah satu pendiri Brushies dikutip dari laman Brides.

Lalu,apa ilmu parenting berikutnya? Simak di halaman selanjutnya ya! 

Bunda, simak juga yuk hal yang bis amenurunkan EQ dan IQ anak dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



 

PENTINGNYA MEMPERSIAPKAN DIRI SEBELUM SI KECIL SAKIT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi