sign up SIGN UP search


parenting

Kasus COVID-19 Melonjak, KPAI Desak Kemendikbud Tunda Sekolah Tatap Muka Juli 2021

Annisa Karnesyia Kamis, 01 Jul 2021 13:31 WIB
Anak sekolah caption
Jakarta -

Kasus COVID-19 mengalami peningkatan selama beberapa pekan terakhir ini, Bunda. Kasus COVID-19 pada anak juga menjadi sorotan.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 oada anak di Indonesia mecapai 12,5 persen. Case fatality rate (kasus kematian) COVID-19 pada anak di Indonesia pun mencapai 3-5 persen dan merupakan yang paling tinggi di dunia.

Peningkatan kasus COVID-19 ini membuat Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) membuat rekomendasi terkait hak kesehatan dasar anak di masa pandemi. Rekomendasi ini pun mencakup tentang sekolah tatap muka yang akan dilakukan bulan Juli mendatang.


Dalam rekomendasinya, KPAI meminta Kemendikbud menunda kembali sekolah tatap muka. Berikut isi rekomendasi KPAI yang ditujukan pada fasilitas kesehatan, pemerintah, dan masyarakat:

Fasilitas kesehatan

  1. KPAI merekomendasikan agar tetap menyelenggarakan pelayanan dan kesehatan dasar anak secara optimal seperti, imunisasi, pencegahan stunting, dan pelayanan anak sakit non Covid-19. Pelayanan ini termasuk pada ibu hamil dan melahirkan.
  2. Merekomendasikan untuk memisahkan RS Rujukan khusus Covid-19 dengan RS rujukan Penyakit Non Covid-19, termasuk rumah sakit khusus untuk kebutuhan anak dan ibu hamil.
  3. Mendorong Kementerian Kesehatan untuk memastikan ketersediaan ICU khusus Anak dan infrastruktur kesehatan yang mendukung perawatan anak terpapar Covid di setiap rumah sakit di Indonesia dan didukung oleh keberadaan tenaga kesehatan khusus anak.
  4. Mendorong transparansi data kasus Covid-19 pada anak di seluruh Indonesia, termasuk update data kasus Covid-19 setiap hari dengan data terpilah usia anak 0-18 tahun. Sehingga masyarakat yang mendapatkan informasi tersebut menyadari bahwa ada kasus anak terpapar Covid-19 setiap hari.

Baca halaman berikutnya untuk tahu isi rekomendasi KPAI kepada pemerintah terkait pelaksanaan sekolah tatap muka.

Simak juga tips belajar online efektif selama di rumah, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

REKOMENDASI KPAI UNTUK PEMERINTAH TERKAIT SEKOLAH TATAP MUKA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi