sign up SIGN UP search


parenting

Penjelasan IDAI Soal Imunisasi Rutin Anak Terpaksa Ditunda Saat PPKM Darurat

Asri Ediyati Rabu, 07 Jul 2021 07:05 WIB
Imunisasi Anak caption
Jakarta -

Seperti yang Bunda ketahui bahwa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat selama pandemi COVID-19 tengah berlangsung hingga 20 Juli mendatang. Berkaitan dengan ini, imunisasi rutin anak terpaksa harus ditunda selama PPKM Darurat berlangsung.

Hal ini dikatakan oleh Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Aman Pulungan, Bunda. Dalam rapat bersama DPR di Jakarta pada 5 Juli, ia mengatakan bahwa imunisasi perlu ditunda agar anak-anak, terutama di daerah PPKM tidak terpapar.

Akibat COVID-19 ini, menurut Aman imunisasi memang terganggu. Hal ini karena Puskesmas juga bahu membahu dalam menangani masyarakat yang terpapar.


"Imunisasi terganggu. Collapsed kita semua. Puskesmas juga melayani COVID-19. Ada potensi penyakit lain. Kita lihat varian Delta ini. Apakah varian Delta, bukan karena Delta. Tapi karena kita abai, anak tidak di-testing, anak diajak jalan-jalan, anak tidak pakai masker," ujarnya.

Banner tips isolasi mandiri keluargaBanner tips isolasi mandiri keluarga/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Menurutnya, dalam kondisi seperti ini sangat rentan mengajak anak-anak ke tempat umum, Bunda. Ada beberapa gejala Covid-19 pada anak yang bisa diwaspadai. 

Di kesempatan yang sama, Ketua IDAI pun memiliki pesan untuk orang tua di masa pandemi, di masa PPKM Darurat. TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

(aci/rap)
fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!