sign up SIGN UP search


parenting

Kasus Corona Melonjak, IDAI Ingatkan Tak Tersedia ICU Anak & Obat Non BPJS

Annisa Karnesyia Minggu, 20 Jun 2021 18:35 WIB
Covid-19 pada Anak caption
Jakarta -

Kasus COVID-19 di Indonesia sedang menjadi sorotan nih, Bunda. Angka kasus positif mulai mengalami kenaikan di beberapa pekan terakhir.

Tak hanya orang dewasa, COVID-19 juga bisa menular ke anak-anak, Bunda. Menurut Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDAI), Prof. DR. Dr. Aman B. Pulungan, Sp.A(K), FAAP, FRCPI(Hon), data nasional menunjukkan kasus positif COVID-19 pada anak usia 0-18 tahun adalah 12,5 persen.

Sementara itu, berdasarkan data Case Fatality Rate (CFR) atau jumlah anak yang meninggal karena COVID-19 mencapai 3 sampai 5 persen. Jumlah kematian ini bervariasi di setiap minggunya,


"Data nasional saat ini, proporsi kasus positif COVID-19 pada anak usia 0-18 tahun adalah 12,5 persen. Artinya, 1 dari 8 kasus konfirmasi itu adalah anak," ujar Aman, dikutip dari YouTube IDAI_TV, Minggu (20/6/21).

"Data IDAI menunjukkan case fatality rate itu adalah 3 sampai 5 persen, jadi negara kita ini memiliki jumlah kematian yang paling banyak di dunia. Bisa dibayangkan, 1 dari 8 pasien itu adalah anak dan yang meninggal 3 sampai 5 persen dan ii bervariasi setiap minggunya."

Sementara menurut data DKI Jakarta per 17 Juni 2021 menunjukkan pertambahan kasus anak terkonfirmasi positif COVID-19. Data menunjukkan ada 661 anak positif COVID-19 dan 144 di antaranya adalah balita.

Aman mengatakan bahwa 50 persen kematian anak terjadi pada balita. Hal ini perlu mendapatkan perhatian dalam kasus COVID-19 yang tengah melanda Indonesia.

"Data DKI Jakarta per 17 Juni, bertambah 661 anak yang terkonfirmasi COVID-19 dan 144-nya balita. Saya sering katakan bahwa 50 persen kematian anak itu balita, bukan balita meninggal 50 persen. Dari seluruh yang meninggal pada anak 50 persen balita," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Aman juga mengungkapkan kenapa kasus COVID-19 pada anak berbeda dari orang dewasa. Simak penjelasan lengkap di halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga 8 obat alami untuk atasi demam pada anak, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

COVID-19 PADA ANAK BERBEDA DARI ORANG DEWASA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!