sign up SIGN UP search


parenting

7 Hal Penting Merawat Anak Positif COVID-19 di Rumah, Tak Perlu APD Bun

Annisa Karnesyia Kamis, 08 Jul 2021 11:40 WIB
SYARAT ISOMAN DI RUMAH UNTUK ANAK
Anak sakit demam caption

Selama anak menjalani isoman di rumah, Bunda harus terus berkomunikasi dengan dokter untuk memantau kondisi buah hati ya. Selain itu, kita perlu melihat gejala Covid anak yang muncul untuk selanjutnya dilaporkan ke dokter.

"Syarat isoman itu dia tidak bergejala atau ringan (demam atu pilek, diare). Orang tua harus tahu gejala-gejala infeksi COVID-19 ini," ujar Dedi.

Penggunaan obat-obatan pada anak saat isoman bisa berbeda dengan orang dewasa. Hal ini berkaitan dengan dosis yang tepat, Bunda. Untuk itu, kita perlu mengikuti petunjuk dokter mengenai obat yang tepat untuk anak saat terpapar virus Corona.


"Obat itu bekerja berdasarkan dosis dan dosis itu berdasarkan berat badan anak. Obat atau vitamin apa yang jadi prioritas, hanya bisa diresepkan oleh dokter," kata Dedi.

Bila gejala anak semakin memburuk meski sudah diberikan obat sesuai dosis, Bunda perlu waspada. Anak mungkin perlu segera mendapatkan penanganan medis bila gejala menjadi berat.

"Menjadi berbahaya kalau muntah terus-menerus, sesak napas atau napas cepat, hidung kembang kempis, dan demam terlalu tinggi. Ketika sudah dikasih obat demam tapi tidak turun-turun dan bahkan menimbulkan kejang, bisa langsung dibawa ke rumah sakit," ungkap Dedi.

(ank/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!