sign up SIGN UP search


parenting

7 Kebiasaan Buruk yang Bikin Anak Rentan Kena COVID-19

Annisa Karnesyia Jumat, 16 Jul 2021 19:06 WIB
Anak sakit caption
Jakarta -

Selama masa pandemi ini, anak-anak menjadi kelompok yang rentan terpapar COVID-19. Di Indonesia, kasus anak yang terkena COVID-19 mengalami peningkatan.

Sebagai orang tua, Ayah dan Bunda harus ekstra protektif melindungi anak ya. Bagi yang tinggal di daerah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, sebaiknya hindari dulu mengajak anak ke luar rumah.

Nah, saat di rumah, Bunda tetap bertanggung jawab menjaga kesehatan buah hati. Mulailah kebiasaan pola hidup sehat agar anak tidak rentan tertular infeksi.


Selain itu, hindari kebiasaan buruk yang mungkin muncul selama di rumah saja. Kebiasaan buruk ini bisa saja meningkatkan risiko terkena COVID-19.

Dilansir Times of India, berikut 7 kebiasaan yang bikin anak rentan terkena COVID-19:

1. Konsumsi makanan yang tidak sehat

Pandemi COVId-19 telah mengubah kebiasaan makan dan waktu buang air besar pada sebagian besar anak. Banyak makanan olahan yang dikonsumsi dan mengandung kalori serta lemak jahat yang tinggi, Bunda.

"Makanan ini mengakibatkan hilangnya nafsu makan, penambahan berat badan yang berlebihan, dan sembelit," kata Dr. Vikas Taneja, Konsultan & HOD di Rumah Sakit Manipal HCMCT, Dwarka, New Delhi.

Untuk mengatasinya, kebanyakan orang tua mencoba menambahkan suplemen untuk mengimbangi kebiasaan makan yang buruk anak-anaknya. Padalah, cara ini biasanya tidak cukup membantu lho, Bunda.

Selain itu, orang tua kerap kali lupa menghitung kebutuhan kalori yang dikonsumsi anaknya dalam sehari. Ingat ya, diet seimbang dan menjaga pola makan sehat penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar anak tidak renta terkena COVID-19. Makanan yang mengandung nutrisi ini meliputi protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral yang cukup.

"Tanamkanlah kebiasaan makan yang baik. Coba masak sendiri makanan sehat dan bergizi di rumah untuk menunjang pertumbuhan anak," ujar Taneja.

Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga enam panduan isolasi mandiri bagi anak positif COVID-19, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



ANAK TIDAK CUKUP TIDUR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi