sign up SIGN UP search


parenting

Mengenal 'Rainbow Baby', Istilah Bayi yang Lahir dari Perjuangan Emosional Ibu

Annisa Karnesyia Rabu, 01 Sep 2021 11:57 WIB
Baby girl caption
Jakarta -

Bunda pernah dengar istilah 'rainbow baby'? Istilah ini cukup populer di kalangan ibu baru melahirkan lho.

Menurut konsultan laktasi Leigh Anne O'Connor, 'rainbow baby' adalah istilah yang digunakan bagi bayi yang lahir setelah sang Bunda mengalami keguguran, stillbirth (bayi lahir mati), atau bayi meninggal setelah lahir. 'Rainbow baby' mengacu pada ungkapan kebahagiaan setelah Bunda mengalami pengalaman emosional yang menyedihkan.

"Disebut 'rainbow baby' karena mereka seperti sinar terang atau harapan yang datang usai badai atau masa kelam.," kata O'Connor yang juga menjadi ibu dari dua 'rainbow baby', dilansir Romper.


Istilah ini menjadi populer ketika seorang fotografer bernama Alex Bolen memotret beberapa ibu yang memiliki 'rainbow baby'. Istilah ini dijelaskan dalam ulasan di media Cosmopolitan tahun 2016 silam, Bunda.

Banner resep Rp200 ribu

Selain hasil foto yang mengagumkan, kisah para Bunda tersebut turut menjadi sorotan. Mereka bercerita pengalaman saat hamil dan melahirkan 'rainbow baby' usai kehilangan anak di kehamilan sebelumnya.

Berbagi pengalamannya, O'Connor juga mengungkapkan perasaannya menjadi ibu dari 'rainbow baby'. Meski merasa bahagia karena akhirnya memiliki momongan, ada gejolak emosi yang tidak bisa digambarkan olehnya.

"Orang tua yang memiliki 'rainbow baby' mungkin memiliki emosi yang bertentangan, rasa bahagia memiliki anak, takut merasakan kehilangan kembali, dan dalam beberapa kasus bisa menimbulkan perasaan bersalah," ujarnya.

Menjadi orang tua 'rainbow baby' tidaklah mudah, Bunda. O'Connor menjelaskan, orang tua 'rainbow baby' membutuhkan dukungan ekstra dibandingkan orang tua lainnya. Dukungan ini sangat diperlukan untuk mengatasi rasa cemas dan ketakutan akan pengalaman sedih yang pernah dialami.

"Semua orang tua memang membutuhkan dukungan, tapi orang tua 'rainbow baby' membutuhkan lebih banyak dukungan tambahan. Orang-orang di sekitarnya perlu memahami rasa tanggung jawab yang meningkat, ditambah dengan rasa cemas," ujar O'Connor.

Hal lain yang perlu disoroti adalah soal cara mendidik anak. Orang tua yang memiliki 'rainbow baby' bisanya memiliki cara mendidik anak yang berbeda dari orang tua lainnya.

Simak penjelasan lengkap di halaman berikutnya.

Simak juga manfaat skin to skin pada bayi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

PROSES KELAHIRAN 'RAINBOW BABY' YANG BERBEDA DARI BAYI LAIN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!