sign up SIGN UP search


parenting

6 Manfaat Buah Belimbing, Baik untuk Kesehatan Jantung hingga Kulit

Dewi Ratna Senin, 27 Sep 2021 18:30 WIB
Ilustrasi buah belimbing caption

Makan berbagai macam buah dan sayuran bisa membosankan jika Bunda tidak mencoba hal yang berbeda. Untungnya, di Indonesia ada banyak pilihan buah dan sayuran yang lezat untuk menambah variasi asupan makanan sehat bunda, termasuk buah belimbing. Ada banyak manfaat buah belimbing yang perlu bunda tahu selain untuk menu diet.

Meski punya banyak manfaat kesehatan dan menjadi tambahan yang sangat baik untuk diet, tapi orang dengan masalah kesehatan tertentu mungkin perlu menghindarinya. Dalam artikel ini, Haibunda akan merangkum serba-serbi buah belimbing, termasuk profil nutrisi, bahayanya bagi kasus tertentu, serta manfaat buah belimbing itu sendiri dikutip dari berbagai sumber.

Fakta nutrisi buah belimbing

Belimbing merupakan sumber yang baik dari beberapa nutrisi, terutama serat dan vitamin C. Berikut ini apa saja yang terkandung dalam satu buah belimbing ukuran sedang, sekitar 91 gram:


  • 28 kalori
  • 6,1 g karbohidrat
  • 1 gram protein
  • 2,5 g serat

Belimbing kaya akan serat, mengandung sekitar 60 persen selulosa, 27 persen hemiselulosa, dan 13 persen pektin.

Belimbing juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, termasuk antioksidan alami seperti vitamin C dan asam galat, yang membantu mencegah kerusakan sel. Menurut profil mineral dan vitamin buah, belimbing berukuran sedang juga mengandung:

  • 121 miligram (mg) potasium
  • 31,3 mg vitamin C
  • 10,9 mg fosfor
  • 9,1 mg magnesium
  • 2,73 mg kalsium
  • 1,8 mg natrium

Meskipun kandungan nutrisinya mungkin tampak relatif rendah, tapi perlu diingat bahwa porsi ini hanya memiliki 28 kalori dan 6 gram karbohidrat. Artinya, buah belimbing rendah kalori tetapi tinggi serat dan vitamin C. Buah ini Sangat bergizi, mengingat kandungan kalorinya yang rendah.

Efek samping buah belimbing

Belimbing dapat menyebabkan efek buruk pada beberapa orang, terutama karena kandungan oksalatnya yang tinggi. Oleh karena itu, penderita masalah ginjal sebaiknya menghindari belimbing dalam bentuk apapun, atau bisa konsultasi dulu dengan dokter sebelum mencobanya.

Bagi orang dengan masalah ginjal, makan belimbing secara teratur dapat menyebabkan kerusakan ginjal serta keracunan belimbing. Hal ini dapat menyebabkan masalah neurologis seperti kebingungan, kejang, dan bahkan pada beberapa kasus juga menyebabkan kematian.

Sedangkan bagi orang yang sedang konsumsi obat dengan resep dokter, perlu juga untuk berhati-hati. Seperti jeruk bali, belimbing juga bisa mengubah cara kerja obat, serta memengaruhi proses obat dipecah dan digunakan oleh tubuh.

Manfaat buah belimbing

Buah belimbing tak hanya enak dan segar, tapi juga bergizi. Rasanya yang manis dan tajam dapat dinikmati tanpa merasa bersalah, karena mengandung beberapa nutrisi yang meningkatkan kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat buah belimbing yang perlu Bunda tahu:

1. Mencegah peradangan

Mengingat buah ini merupakan sumber vitamin C yang baik, maka mengonsumsinya sesuai jumlah yang dianjurkan akan baik untuk membersihkan racun tubuh. Kualitas anti-inflamasinya juga dapat membantu memperbaiki kondisi kulit seperti dermatitis.

Manfaat buah belimbing yang lain, juga membantu tubuh melawan flu dan pilek biasa. Mengonsumsi sumber vitamin C yang kaya, bisa secara signifikan membangun toleransi tubuh terhadap dingin dan kekuatan melawan infeksi.

Selain itu, vitamin C juga dibutuhkan tubuh untuk membentuk kolagen yang terdapat pada tulang, otot, dan tulang rawan, serta membantu dalam menyerap nutrisi penting lainnya seperti zat besi. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan penyakit kudis, kulit yang buruk, penyembuhan jaringan yang lambat dan kelelahan.

2. Baik untuk jantung

Sarat mineral penting seperti natrium dan kalium manfaat buah belimbing salah satunya mengatur tekanan darah. Dua mineral ini juga akan memastikan bahwa tekanan darah tidak berfluktuasi secara radikal dan ritme detak jantung tetap stabil.

Buah belimbing juga mengandung kalsium yang bermanfaat baik bagi jantung. Jumlah kalsium yang sehat dalam tubuh dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti stroke dan serangan jantung. Kalsium memastikan sirkulasi darah yang kuat dan keseimbangan cairan tubuh, sehingga mengurangi kemungkinan serangan penyakit jantung.

3. Melawan diabetes dan kolesterol tinggi

Sekitar 100 gram belimbing mengandung 2,8 gram serat buah yang membantu kadar gula darah tetap stabil. Serat buah membatasi pelepasan glukosa yang terjadi setelah makan sesuatu. Dengan begitu, akan kadar gula darah dan insulin akan lebih teratur.

Konsumsi makanan yang tinggi serat dapat mencegah diabetes dan secara aktif membantu meringankan gejala orang yang sudah menderita diabetes. Karena buah ini mudah dimakan dan kaya serat, belimbing bisa jadi camilan sehat dan bebas rasa bersalah bagi penderita diabetes maupun non-diabetes.

Manfaat buah belimbing yang tinggi serat ini juga membantu mengatasi kolesterol tinggi yang mengakibatkan kerentanan terhadap jantung. Selain itu, setiap 100 gram buah ini hanya mengandung 0,3 gram lemak, sangat cocok untuk menjaga kadar kolesterol yang sehat.

4. Pencernaan dan metabolisme yang lebih baik

Kaya serat makanan, buah ini manfaat buah belimbing bagi kesehatan yang lain adalah melancarkan pencernaan. Konsumsi buah ini membantu dalam mengatur ukuran dan tekstur tinja, membuatnya mudah untuk melewati sistem pencernaan.

Jika Bunda atau keluarga yang lain menderita sembelit, konsumsi buah ini akan merasa lega karena manfaat buah belimbing juga untuk merangsang pencernaan dan meningkatkan kesehatan usus. Jika kesehatan usus baik, maka dapat meringankan gejala pencernaan lain yang buruk, seperti kram dan kembung.

Belimbing juga kaya vitamin B yang sangat penting untuk fungsi dan perkembangan sel normal. Buah ini mengandung dua jenis Vitamin B, riboflavin dan folat atau yang juga disebut asam folat dalam suplemen makanan. Kedua vitamin tersebut mengatur metabolisme dan memastikan kadar hormon serta enzim tetap dalam kisaran normal.

5. Rambut dan kulit sehat

Kandungan antioksidan yang hadir bersama vitamin B dan C dalam belimbing membantu penyembuhan sel-sel kulit dan  rambut. Dengan perbaikan tersebut, rambut pun jadi bersinar dan kulit bercahaya.

Lebih khusus lagi, antioksidan seperti asam galat dan quercetin punya sifat anti-inflamasi dan antihistamin yang luar biasa. Karenanya salah satu manfaat buah belimbing juga berkaitan erat dengan kulit.

6. Mengatur berat badan

Rendah gula menjadikan belimbing camilan yang ideal untuk dikunyah tanpa khawatir berat badan bertambah. Kandungan serat yang tinggi juga membuat metabolisme bekerja dengan cepat, memastikan tubuh membakar kalori dengan cepat pula.

Makanan yang tinggi serat juga lebih mengenyangkan daripada makanan rendah serat, sehingga membuat kenyang lebih lama.

Well, itu tadi enam manfaat buah belimbing untuk kesehatan tubuh, kulit, dan juga rambut. Bunda bisa mulai rajin mengonsumsinya nih. Namun perlu diingat untuk memperhatikan kondisi kesehatan dahulu, atau konsultasikan ke dokter sebelumnya ya.

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!