sign up SIGN UP search


parenting

Kisah Haru TKW Arab 13 Tahun Tak Pulang ke Indonesia Demi Anak Jadi Sarjana

Annisa Karnesyia Rabu, 06 Oct 2021 14:44 WIB
TKW Arab Saudi biayai pendidikan anak hingga sarjana caption
Jakarta -

Bunda Mery tak ingin keempat anaknya memiliki nasib yang sama seperti dirinya. Ia ingin anak-anaknya mengenyam pendidikan yang tinggi agar bisa sukses, Bunda.

Demi mewujudkan impiannya itu, Mery rela menjadi TKW di Arab Saudi selama 16 tahun. Sekitar 13 tahun terakhir, dia bahkan tidak pulang karena masalah ekonomi.

"Kurang lebih 16 tahun kerja di Arab Saudi. Karena ekonomi enggak ada, kita enggak bisa pulang, yang penting komunikasi saja (sama anak-anak)," ujar Mery, dilansir YouTube Faiz Slamet, Rabu (6/10/21).


Satu demi satu impian wanita asal Bandar Lampung ini terwujud. Anak pertamanya sudah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan berencana untuk melanjutkan kuliah hingga S2, Bunda.

Banner Pesan Novel Baswedan untuk Istri

Sementara itu, anak kedua dan ketiganya kini menetap di Kalimantan. Keduanya sudah bekerja dan hidup mapan.

"Alhamdulillah anak pertama saya sudah pegawai negeri di Mesuji bagian Perairan. Sekarang insyaallah mau terusin S2 sambil kerja karena saya sudah enggak ada biaya. Kebetulan dia sudah menikah," ujar Mery.

"Yang kedua alhamdulillah kerja di pertambangan batubara Kalimantan. Anak ketiga juga di Kalimantan," sambungnya.

Meski tiga anaknya sudah hidup mapan dan sukses, Mery masih bekerja di Arab. Hal ini ternyata dilakukannya karena masih menanggung biaya pendidikan si bungsu yang kini ada di pesantren.

"Masih ada yang bungsu, nomor empat ini mondok (pesantren) di Bandung Barat. Insyaallah tinggal setahun lagi, insyaallah dia umrah, saya pulang," ungkapnya.

Ya, Mery berencana pulang setelah 13 tahun tidak bertemu langsung dengan empat anaknya. Ia kini hanya tinggal menunggu anak bungsunya datang ke Arab Saudi untuk umroh dan menjemputnya.

"Pokoknya tinggal tunggu anak saya yang bungsu datang umroh, insyaallah (pulang ke Indonesia)," ujar Mery.

Pengorbanan Mery untuk menjadi TKW di Arab Saudi dan tidak pulang selama bertahun-tahun patut diacungi jempol. Lalu bagaimana latar belakang pendidikan dan keluarga Mery?

Baca halaman berikutnya.

Simak juga 5 fakta Yanti TKW Blitar yang kini sukses, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

LATAR BELAKANG PENDIDIKAN MERY
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!