sign up SIGN UP search

parenting

5 Dampak Buruk Karakteristik Sindrom Anak Emas, Berprestasi tapi Takut Gagal

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Senin, 25 Oct 2021 16:33 WIB
Ibu dan anak caption
Jakarta -

Pola asuh yang 'salah' ternyata bisa menciptakan sindrom anak emas. Sindrom ini terjadi ketika orang tua merasa tidak cukup percaya diri untuk menyediakan lingkungan yang kondusif bagi perkembangan anak-anaknya.

Psikiater Nereida Gonzalez-Berrios, M.D, menerangkan bahwa anak emas sering kali dibesarkan dalam dinamika keluarga yang 'salah', di mana anak diharapkan menjadi sangat baik dalam segala hal, tidak pernah membuat kesalahan, dan merasa memiliki kewajiban untuk memenuhi keinginan orang tuanya.

"Anak emas bertanggung jawab atas kesuksesan keluarga. Orang tua menghargai dan memuja mereka dengan cara tertentu, mendorong mereka untuk menjadi lebih baik dalam apa pun yang mereka lakukan," kata Gonzalez-Berrios, dikutip dari Mind Body Green.


Anak emas biasanya dijadikan panutan atau contoh untuk diikuti, Bunda. Dalam keluarga, orang tua seringkali membandingkan anak-anaknya yang lain dengan si anak emas. Mereka juga dituntut untuk melakukan yang terbaik dan enggak boleh gagal.

Pola asuh orang tua yang narsis

Anak-anak yang memiliki karakteristik anak emas biasanya dibesarkan oleh orang tua yang narsis, suka mengontrol dan otoriter. Meski menyandang status anak emas, anak-anak ini merasa tidak cukup aman untuk menyuarakan pendapat mereka sendiri atau melanggar aturan yang dibuat orang tuanya.

"Tujuan utama mereka dalam hidup adalah untuk memenuhi harapan orang tua dan meraih kesuksesan, nama, dan ketenaran untuk keluarga mereka dari orang luar," ujar Gonzalez-Berrios.

"Orang tua menganggap anak emas ini sebagai aset bagi keluarga dan selalu membuat mereka tampil superior di depan orang lain. Orang tua menerapkan disiplin hingga memaksa anak untuk memenuhi harapan mereka. Anak pun merasa berkewajiban untuk memenuhi apa yang diinginkan orang tuanya, meski mereka tidak menyukainya," sambungnya.

Karakteristik sindrom anak emas bisa dikenali, terutama yang berasal dari keluarga narsistik. Simak 7 karakteristik sindrom ini di halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga 5 permainan tradisional untuk dikenalkan ke anak, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

KARAKTERISTIK DAN DAMPAK SINDROM ANAK EMAS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!