sign up SIGN UP search


parenting

Bayi Perempuan Baru Lahir Alami Menstruasi, Bahaya Enggak Sih Bun?

Annisa Karnesyia Kamis, 11 Nov 2021 12:57 WIB
Bayi Baru Lahir Bayi Perempuan Bisa Alami Menstruasi Setelah Lahir, Ini Sebabnya Bunda/ Foto: iStock
Jakarta -

Tak cuma wanita dewasa, bayi perempuan juga bisa mengalami menstruasi lho, Bunda. Kondisi ini dapat terjadi pada bayi baru lahir.

Menstruasi pada bayi baru lahir disebut juga Neonatal Uterine Bleeding (NUB) atau dikenal dengan istilah menstruasi neonatal. Ulasan yang diterbitkan dalam Academic Journal of Pediatrics & Neonatology tahun 2017 menjelaskan, NUB adalah pendarahan yang bisa dialami bayi perempuan setelah lahir.

Kondisi ini dianggap sebagai fenomena parafisiologis, Bunda. Studi observasi menunjukkan bahwa UNB mulai terjadi pada 3 sampai 5 hari setelah bayi lahir dan terlihat jelas pada 3 sampai 5 persen bayi baru lahir. Sementara, vaginal bleeding atau pendarahan di vagina yang tidak diketahui, diperkirakan terjadi antara 25 sampai 60 persen bayi.


NUB sama seperti pendarahan menstruasi atau vaginal bleeding yang dialami wanita dewasa. Namun, NUB relatif jarang terjadi pada bayi. Bukti biokimia menemukan kondisi ini terjadi pada 25 sampai 61 persen bayi baru lahir yang dideteksi dengan metode berbeda.

Banner Manfaat Air Mawar

Lalu apa normal bayi baru lahir mengalami menstruasi? Apa penyebabnya ya, Bunda?

Menurut Dokter Spesialis Anak, dr.Melisa Anggraeni, M.Biomed, Sp.A, beberapa bayi perempuan memang bisa mengalami menstruasi hingga keputihan setelah lahir. Kondisi ini wajar dan umumnya hanya berlangsung selama 14 hari di awal kehidupan.

"Jadi bayi perempuan baru lahir bisa ada kayak semacam menstruasi, keluar darah dari vagina. Selain itu, bayi juga bisa mengalami keputihan," kata Melisa saat dihubungi HaiBunda, belum lama ini.

"Tapi itu enggak masalah dan normal terjadi kurang lebih sampai 14 hari awal kehidupan bayi," sambungnya.

Penyebab menstruasi pada bayi baru lahir adalah hormon kewanitaan ibunya, yakni hormon estrogen. Lonjakan hormon ini masih memengaruhi organ reproduksi bayi selama dalam kandungan.

"Itu karena masih terpengaruh dari hormon ibunya, jadi enggak apa-apa," ujar Melisa.

Bunda enggak perlu khawatir karena pada kebanyakan kasus, kondisi ini akan berakhir dengan sendirinya seiring perkembangan bayi. Bunda hanya perlu membersihkan organ kewanitaan bayi setiap kali darah keluar ya.

Membersihkan alat kelamin bayi baru lahir perlu dilakukan dengan tepat. Terutama saat bayi mengalami menstruasi. Klik next untuk mengetahui caranya yuk, Bunda.

Simak juga tips pijat dan memandikan bayi baru lahir, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
CARA MEMBERSIHKAN ALAT KELAMIN BAYI BARU LAHIR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!