sign up SIGN UP search


parenting

5 Tips agar Si Kecil Mau Menabung, Jangan Biasakan Diberi Hadiah Bun

Mutiara Putri   |   Haibunda Jumat, 12 Nov 2021 07:11 WIB
BAWA KE BANK HINGGA JANGAN AJARKAN BOROS
ilustrasi menabung caption

3. Bawa ke bank

Setelah Si Kecil berhasil dengan metode menabung dengan celengan, selanjutnya Bunda bisa ajak mereka ke bank, nih. Tujuannya adalah agar mereka mengerti seperti apa proses menabung dan bagaimana caranya menabung di bank.

"Kalau perlu dibawa ke bank, diajarkan begini lho caranya menabung," ungkap Prilly.

"Setelah diajarkan caranya menabung (di bank), tunjukkan (buku tabungan). 'Nih sekarang kamu punya uang segini. Setelah itu punya tabungan segini'," tambahnya.


4. Biarkan Si Kecil menggunakan uangnya

Uang yang sudah ditabung bukan berarti tidak boleh digunakan, Bunda. Justru, Si Kecil bisa memiliki tujuan saat menabung karena ada sesuatu yang ingin mereka beli.

"Kalau memang mereka ingin membeli sesuatu, pakai sedikit dari tabungannya. Jadi mereka merasa bahwa tabungan itu punya saya dan saya bisa menghasilkan sesuatu," papar wanita lulusan Universitas Airlangga ini.

5. Jangan ajarkan boros

Si Kecil memang akan bersemangat menabung kalau memiliki tujuan, Bunda. Meski begitu, Bunda bisa ajarkan mereka agar tetap menabung meski tidak memiliki keinginan untuk membeli sesuatu.

"Jangan pernah diajarkan mental boros. Karena kalau dari awal diajarkan mental yang konsumerisme, nanti akan berlanjut sampai ke depannya," papar Prilly.

(mua)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!