sign up SIGN UP search


parenting

Gejala COVID-19 Varian Omicron pada Anak Mirip Infeksi Virus, Ini Kata IDAI

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Selasa, 30 Nov 2021 19:13 WIB
Anak sakit caption
Jakarta -

Virus COVID-19 varian Omicron kini menjadi ancaman baru di masa pandemi, Bunda. Di Indonesia, virus ini sendiri belum ditemukan.

Gejala varian disebut berbeda dengan varian Delta yang sudah masuk ke Tanah Air. Lalu bagaimana cara membedakan gejala ini dengan penyakit lain, terutama pada anak-anak?

Ketua UKK Infeksi & Penyakit Tropis IDAI, Dr. dr. Anggraini Alam, SpA(K), mengatakan bahwa virus COVID-19 varian Omicron ini memang menjadi perhatian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Bunda. Pola penularan varian Omicron dikatakan lebih tinggi dibandingkan varia Delta.


"Memang Omicron ini menjadi concern WHO karena dikatakan ada mutasi berlipat, sehingga penularannya bukan main atau lebih tinggi dibandingkan Delta," kata Anggraini, dalam Seminar Media IDAI via Zoom, Senin (29/11/21).

Banner Nola B3 Melahirkan di Usia 43 TahunFoto: HaiBunda/Mia

Menurut Anggraini, gejala varian Omicron dikatakan lebih ringan dibandingkan varian lain. Gejala umum varian ini adalah kelelahan hingga mirip sakit flu.

Namun, gejala varian Omicron sulit dibedakan dengan penyakit lain yang menyerang anak, Bunda. Gejala sakit umumnya mirip dengan gejala infeksi virus lain.

"Dikatakan gejalanya ringan. Ada suatu fatique atau kelelahan flu like illness," ujar Anggraini.

"Kalau dikatakan mirip penyakit apa pada anak? Ini mirip seperti infeksi virus lainnya, jadi tidak mudah membedakan apakah ini akibat COVID-19 atau akibat penyakit lainnya," sambung Konsultan Infeksi dan Penyakit Tropis ini.

Untuk mengetahui apakah anak terpapar COVID-19 atau tidak, tetap diperlukan tes antigen atau PCR. Sementara untuk mengetahui jenis variannya, diperlukan tes lanjutan dengan mengirim sampel virus ke laboratorium pusat.

Virus COVID-19 varian Omicron memang belum masuk ke Indonesia. Tapi, kita tetap perlu waspada dengan memberikan perlindungan ekstra pada Si Kecil ya, Bunda. Salah satunya dengan melengkapi imunisasi rutin dan vaksinasi COVID-19.

Simak penjelasan lengkap tentang imunisasi rutin dan kejar di halaman berikutnya ya.

Simak juga 4 tanda Si Kecil alami alergi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

IMUNISASI UNTUK LINDUNGI ANAK DARI BERBAGAI PENYAKIT, TERMASUK COVID-19
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!